Lihat ke Halaman Asli

Christopher Marcellino T

Mahasiswa Universitas Diponegoro

Pentingnya Kebersihan! Mahasiswa KKN UNDIP Lakukan Edukasi dan Workshop Mengenai Pengelolaan Sampah

Diperbarui: 8 Februari 2023   18:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Klaten (1/2/2023) TIM KKN 1 Undip mengadakan kegiatan sosialisasi dan workshop tentang pengelolaan sampah rumah tangga di desa Tanjung, kec. Juwiring. Acara tersebut diselenggarakan guna mengajak masyarakat untuk lebih peduli dalam menjaga kebersihan khususnya berkaitan dengan pembuangan sampah dan limbah rumah tangga. Berawal dari keresahan TIM KKN Undip melihat kebiasaan masyarakat yang masih sering membuang sampah di pinggir sungai dan atau memusnahkanya dengan cara membakar, itulah yang akhirnya memantik kami untuk membantu dalam mengatasi masalah tersebut.

Berdasarkan diskusi yang kami lakukan dengan berbagai pihak, desa Tanjung sendiri sebetulnya sudah memiliki sistem pengelolaan sampah yang cukup baik yakni adanya bank sampah dan juga komposter di setiap RT. Akan tetapi semenjak pandemi keberjalanan bank sampah dan komposter tidak lagi seaktif dulu alhasil banyak warga yang kembali membuang sampahnya di sungai dan dibakar. Melihat kondisi yang demikian, itulah yang akhirnya menggerakan TIM KKN 1 Undip untuk membantu dalam mengaktifkan lagi bank sampah dan pengelolaan sampah organik melalui komposter dan ditambah dengan memberikan inovasi baru berupa daur ulang sampah plastik menjadi barang yang bernilai guna. 

Untuk mewujudkan hal tersebut maka TIM KKN Undip mengadakan sosialisasi dan workshop pengelolaan sampah untuk meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya pemilahan sampah dan praktek mengubah sampah plastik menjadi bunga untuk hiasan rumah. Acara yang diikuti oleh ibu-ibu PKK berlangsung dengan lancar dan menyenangkan, ibu-ibu sangat antusias dan aktif mengikuti jalanya acara hingga akhir. Harapannya semoga desa Tanjung dan warganya bisa menerapkan pola hidup sehat dan dapat mengelola sampah rumah tangga menjadi benda yang lebih bermanfaat. Sehingga tercipta lingkungan yang aman dan nyaman.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline