Lihat ke Halaman Asli

Christopher Marcellino T

Mahasiswa Universitas Diponegoro

Pekerjaan Tidak Tetap dan Keterampilan di Indonesia

Diperbarui: 29 November 2018   19:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Layanan berbasis aplikasi seperti Go-Jek dan Grab telah mengubah cara kita menjalani kehidupan sehari-hari. Dimulai dengan menawarkan layanan transportasi sesuai permintaan, perusahaan-perusahaan ini telah berkembang untuk menawarkan pengiriman makanan dan parsel, serta layanan pijat, pembersihan, dan mekanik bergerak.

Kemajuan perusahaan aplikasi ini harus diakui karena kontribusi mereka terhadap pembangunan ekonomi sudah terbukti. Lebih dari menawarkan pilihan yang diperluas, kenyamanan sehari-hari, dan perlindungan yang lebih baik bagi konsumen, perusahaan-perusahaan ini telah melembagakan efisiensi dan menciptakan lapangan kerja bagi lebih dari satu juta orang, dengan McKinsey & Co mengatakan dalam laporan tahun 2016 bahwa layanan ini dapat memberikan rejeki produktivitas senilai US $ 120 miliar per tahun.

Kritik dari perusahaan-perusahaan ini yang paling umum adalah bahwa mereka telah berkembang secara fenomenal di belakang pekerja yang dieksploitasi. Pekerja ekonomi raksasa biasanya digolongkan sebagai "mitra bisnis", namun penelitian besar-besaran menunjukkan bahwa mereka tidak hampir sama otonomnya dengan perusahaan teknologi yang ingin kita percayai, hubungan pekerja-majikan yang dilabeli sebagai "pekerja upahan terselubung" oleh profesor Universitas Oxford Barbara Harris.

Kritik-kritik ini, tentu saja valid, pada umumnya ditujukan untuk kesejahteraan jangka pendek para pekerja itu sendiri. Namun ada isu-isu yang lebih dalam yang menyangkut kita semua, konsumen serta pekerja, berkaitan dengan kesehatan ekonomi makro ekonomi nasional, terutama negara berpenghasilan menengah seperti Indonesia.

Dalam jangka pendek, sementara layanan ini telah membuka kunci kemacetan dalam pembangunan ekonomi, mereka bukan mukjizat untuk pertumbuhan - mereka secara mudah dan efisien mencocokkan penawaran dan permintaan. Mereka meningkatkan pendorong utama pertumbuhan, tetapi tidak menciptakan yang baru atau menggeser ekonomi ke tahap produksi yang lebih tinggi.

Yang penting, dalam jangka menengah sampai jangka panjang, mereka menjerat sebagian besar tenaga kerja ke dalam perangkap keterampilan. Driver Go-Jek, misalnya, akan selalu menjadi driver Go-Jek. Dia tidak dapat meningkatkan keterampilan mereka atau mengambil peran manajemen. Mereka cukup berkendara sepanjang hari.

Sesungguhnya perangkap keterampilan ini bertolak belakang dengan model pertumbuhan berkelanjutan yang harus dilakukan oleh industrialisasi dan teknologi seperti yang digambarkan oleh ekonom Rusia kelahiran Simon Kuznets.

Kuznets berpendapat bahwa industrialisasi menciptakan pertumbuhan yang berkelanjutan, karena pekerjaan industri membutuhkan lebih banyak keterampilan dan pendidikan daripada pekerjaan pertanian. Pekerja mendapat manfaat dari belajar dan berkontribusi terhadap perubahan budaya, urbanisasi, dan pertumbuhan bisnis. Teknologi baru dan metode produksi skala besar tidak dapat dieksploitasi jika orang buta huruf, tidak terampil atau terikat dengan desa.

Generasi berikutnya, kata Kuznets, terus mendapat manfaat dari kegiatan budaya dan industri ini dalam siklus yang baik seiring dengan meningkatnya metode dan teknologi industri, yang membantu menyelamatkan tenaga kerja dan mencapai skala ekonomi.

Tetapi dengan pekerjaan tidak tepat yang membutuhkan pasukan pekerja berketerampilan rendah untuk berkembang, kita sekarang tampaknya melihat kebalikannya. Memang situasi ini adalah bentuk deindustrialisasi, dengan pekerja bergerak menjauh dari produksi semi-terampil ke layanan berketerampilan rendah. Sementara itu, para eksekutif dan insinyur bisnis dihargai oleh perusahaan teknologi, gejala dari ekonomi ganda.

Apa yang paling memprihatinkan adalah bahwa pekerjaan dengan keterampilan rendah ini menarik kaum muda yang terampil. Sebuah survei terhadap para pengemudi Go-Jek di Jakarta, Yogyakarta dan Banyuwangi oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) menemukan bahwa 49,74 persen responden berusia 19 hingga 30 tahun dan 29,1 persen berusia 31 hingga 40 tahun.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline