Lihat ke Halaman Asli

Menguak Misteri Kehidupan Sosial

Diperbarui: 1 Maret 2023   11:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok Pribadi

Sosiologi, kalian sering kali belajar sejak masa sekolah, apakah kalian mengerti, apa itu sosiologi? Ya, sosiologi itu adalah ilmu yang membahas tentang berbagai aspek dalam masyarakat serta pengaruhnya bagi kehidupan manusia. 

Ilmu ini juga mempelajari tentang fakta-fakta sosial, terkait cara bertindak, berpikir, dan perasaan dalam setiap individu. Bukan hanya menyelidiki dalam aspek individu, tetapi ilmu ini juga berlaku dalam menyelidiki tentang susunan-susunan dan proses kehidupan sosial sebagai suatu sistem di suatu masyarakat.

Saya sebagai pelajar Dian Harapan Cikarang memang sangat mendukung bahwa memepelajari sosiologi itu suatu ilmu yang wajib dipelajari. Karena bukan hanya menambah ilmu, tetapi juga membuat kita semakin "open-minded" dan membuka mata kita. 

Bahkan saya pun tersadarkan dari mempelajari ini, kehidupan-kehidupan di masyarakat yang masih kurang baik semakin terlihat jelas dan harusnya diperbaiki. Tetapi kepentingan utama sosiologi terletak pada kenyataan bahwa kita dapat mempelajari suatu masyarakat, institusi sosial, perubahan sosial, serta perilaku manusia.

"Auguste Comte", pastinya kalian kenal jika mendengar nama tersebut. Bapak sosiologi dunia asal Perancis, ilmu sosiologi ini pertama kali diajarkan dengan beliau. 

Dari masa lalu bahkan sampai zaman sekarang, pentingnya sosiologi telah disadari sebagai ilmu tentang cara berpikir, dan interaksi manusia. Dari mempelajari sosiologi tersebut dapat meningkatkan adaptasi masyarakat, sosiologi yang mengungkap struktur hingga ciri-ciri sosial di dalam suatu masyarakat dapat menentukan sikap masyarakat itu sendiri tatkala berhadapan dengan lingkungan baru. Dengan sosiologi ini, sikap ataupun juga karakteristik masyarakat dapat menjadi lebih tertata.

Pastinya ilmu sosiologi yang sering kita lihat dan alami dalam kehidupan sehari-hari yaitu konflik sosial. Siapa sih yang disini tidak sering mengalami konflik? Tidak ada! Pastinya kita sering berkonflik maupun itu hal kecil ataupun masalah besar. Pastinya kalian sering berkelahi dengan teman atau saudara, tidak ap aitu menunjukkan bahwa kedekatan hubungan kalian. Seperti kata pepatah "Sering berantem, berarti hubungan kalian semakin dekat."

Ataupun ada juga konflik yang bersifat hal atau masalah yang besar dan susah untuk diselesaikan, seperti konflik antar agama, ras, dan suku. Karena memang konflik-konflik tersebut biasanya sering disebabkan oleh perbedaan pemikiran, perbedaan pendapat, dan lainnya. Tetapi kita harus sadar bahwa perbedaan itu bukanlah alasan untuk perpecahan, seharusnya dengan perbedaan yang beraneka ragam tersebut lah mejadi sebuah keindahan dan persatuan kita.

Selain konflik sosial adapun juga perubahan sosial yang sangat dipengaruhi oleh perubahan dan perkembangan zaman. Karena sesuai hakikat alam bahwa manusia akan selalu mengalami perubahan, baik itu perubahan yang cepat atau lambat, maupun perubahan itu juga kecil atau besar. 

Sebagian dari kalian pasti masih bingung perbedaan evolusi dan revolusi, kedua hal tersebut dibedakan dalam waktunya. Evolusi ini memakan waktu yang lama, sedangkan revolusi ini terjadi dalam kurun waktu yang cepat, tetapi kedua tersebut sama-sama tidak direncanakan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline