Lihat ke Halaman Asli

Christoforus Kevin

Christoforus Kevin S. Tr. par

Ingin Menjadi Hotelier? Wajib Hukumnya Paham Service Management

Diperbarui: 18 Februari 2022   14:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Ingin menjadi hotelier? Wajib hukumnya paham Service Management 

Industri hotel merupakan industri yang berkembang sangat pesat dan membutuhkan sumber daya manusia yang sangat banyak. Kamu, mungkin salah satu dari sekian banyak yang ingin bekerja di industri hotel atau menjadi hotelier. Industri hotel sangat erat kaitannya dengan pelayanan atau service, oleh karena itu sebagai seorang atau calon hotelier, wajib hukumnya untuk memahami service management. 

Tentunya kita sudah sering mendengar istilah “service”, istilah yang sering kita temui dan akrab di telinga para sumber daya manusia di industri pariwisata dan perhotelan. Secara umum service atau servis itu tidak ada wujudnya, namun dapat dirasakan dan menjadi suatu pemenuhan kebutuhan hidup manusia. Seperti contohnya dalam industri hotel, service merupakan pelayanan dari hotelier yang diberikan kepada tamu. Berikut karakter yang wajib dimiliki oleh seorang hotelier agar dapat memberikan service yang terbaik:

1. Profesional dan memiliki etika kerja yang baik

Selain ahli dalam bidangnya dan sebagai individu yang berkompeten serta berkualitas,  profesional juga berarti bahwa individu tersebut memiliki etika kerja yang baik, seperti bertanggung jawab, jujur, memiliki kemauan belajar, daya saing dan komitmen yang tinggi. Sebagai hotelier tentunya kita harus bekerja sebaik mungkin dengan menjunjung tinggi nilai yang ada di tempat kita bekerja dengan menunjukkan kinerja sebaik mungkin.

2. Memiliki jiwa pelayanan yang tulus dan customer-oriented 

Pelayanan yang diberikan juga harus berasal dari hati yang tulus. Selain itu, pelayanan yang diberikan juga harus diberikan secara maksimal kepada semua pelanggan. Pelayanan yang kita berikan juga harus menempatkan pelanggan sebagai prioritas utama kita.

3. Ramah dan murah senyum 

Tidak cukup dengan pelayanan dari hati yang tulus, pelayanan yang diberikan juga pastinya harus diberikan secara ramah dan murah senyum. Tapi kalau untuk masalah ini sepertinya orang Indonesia juara 1 deh! Banyak turis yang menyatakan bahwa Orang Indonesia memang dikenal ramah & murah senyum, belum kenal tapi sudah disapa saat mereka datang berkunjung ke Indonesia.

4. Memiliki semangat belajar yang tinggi 

Industri service yang terus berkembang dan berevolusi adalah hal yang mutlak dan tak terhindarkan, jadi kita tidak bisa diam saja tanpa upgrade pengetahuan kita. Sebagai hotelier yang baik pastinya kita harus punya semangat belajar tinggi, tidak cepat puas dengan apa yang sudah kita ketahui, dan tentunya mau menerima masukkan dari orang lain.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline