Lihat ke Halaman Asli

Christina Susi Handayani

Guru/SD Tarakanita 5 Jakarta

Ukir Prestasi dari Menulis

Diperbarui: 28 Februari 2023   22:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: dok KBMN

Dalam dunia literasi, dapat membuahkan prestasi diluar ekspektasi. Itulah kata-kata yang diungkap oleh narasumber hebat pada acara temu online KBMN (kelas Belajar Menulis) angkatan 28 pada malam tanggal 24 Februari 2023 Ibu Rita Wati, S.Kom.

Beliau adalah seorang guru yang sudah meraih berbagai macam kejuaraan, antara lain menjadi guru inspiratif terbaik jenjang SMP dan juara 1 indihome. 

Beliau sangat bersemangat jika ada lomba yang berkaitan dengan literasi, apalagi dari luar negeri. Seperti lomba blog bahkan berkesempatan mewakili Indonesia untuk  mempresentasikan proyek yang telah diikuti selama 20 hari. Kegiatan beliau selalu di update melalui  youtube. https://www.youtube.com/watch?v1=gPL8PasXB_I&t=66s

Saat ini kesibukan beliau adalah kuliah magister dan sekaligus sedang belajar di CS50 Harvard University. wow!

Tentunya tidak sembarang orang mendapat kesempatan ini, persyaratan mengikuti belajar di CS50 Harvard University ini adalah TOEFL dan wawancara.

Ibu Narasumber menceritakan pengalaman awalnya mengikuti kels KBMN, dulu sudah senang sekali jika tulisannya di baca dan dikomentari oleh Om Jay founder KBMN, sudah merupakan prestasi yang luar biasa apalagi mendapat hadiah buku, namun semenjak menulis, menurutnya targetnya sudah berbeda. Prestasi ya juara! Maka panggilan untuk berbagi pengalaman/sharing terutama dalam hal menulis, blog, dan guru inspiratif serta tutorial itu sudah biasa.

Apakah narasumber pernah merasa mengalami blok writers? Tentu saja pernah. Bagaimana beliau menjaga spirit menulis ditengah kesibukannya yang bejibun? Menurutnya "Kalau sebelumnya saya menyematkan tulisan jika tidak sehari, dua hari kemudian berubah lagi hingga kini saya fokus pada kuliah dan kerja sehingga waktu menulis saya sangat dikorbankan. Manajemen waktu. Spirit bisa dijaga melihat semangat teman yang konsisten menulis."

Benar sekali, kata-kata narasumber membuat saya berpikir, saya juga begitu, tiap hari grup WA KBMN ramai para peserta mengirimkan resumenya, dari situlah saya tetap terpacu untuk mencoba menyelesaikan semua tugas dari grup KBMN ini. Saya tidak mau ketinggalan teman-teman dan memang manajemen waktulah yang utama. Nah pertanyaannya sekarang:
Bagaimana cara membagi waktunya?

Cara membagi waktu yang baik adalah setiap saat usahakan menulis ketika ada ide menulis, tapi pada saat kegiatan sudah padat tulis dulu pelan-pelan ide utamanya terutama ketika saya mengikuti lomba, kita harus benar-benar cek tulisan kita dan buat secara perlahan-lahan.

Lalu apa apa tips supaya bisa kreatif dan produktif serta berprestasi?
Harus berani mencoba mengikuti lomba terutama ketika lomba itu sesuai dengan passion kita. Pasti akan lebih mudah jika sesuai passion kita.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline