Lihat ke Halaman Asli

Christina Susi Handayani

Guru/SD Tarakanita 5 Jakarta

Fieldtrip Pasca Pandemi

Diperbarui: 7 Februari 2023   21:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: dokumen pribadi

Program tahunan SD Tarakanita 5 Rawamangun Jakarta salah satunya adalah kegiatan fieldtrip. Fieldtrip adalah kegiatan belajar di luar kelas. Peserta didik mendapat pengalaman belajar langsung yang lebih asyik. Kegiatan fieldtrip tahun ini dilaksanakan dalam rentang tanggal 3-10 Februari 2023. 

Adanya masa pandemi, mengharuskan kami untuk mengurangi kegiatan di luar rumah, peserta didik belajar secara online, sehingga kamipun tidak melakukan kegiatan seperti fieldtrip selama 2 tahun terakhir. 

Kini, masa PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) sudah dihapuskan sehingga fieldtrip memang adalah moment yang paling ditunggu peserta didik. Mereka tidak mau ketinggalan moment ini. Seperti hari ini, ada siswa yang tetap semangat ikut fieldtrip walau agak sakit.  Sungguh menyenangkan melihat mereka beraktivitas seperti dulu lagi. 

Tujuan fieldtrip peserta didik kelas 3 hari ini adalah ke D'Kandang di daerah Depok. Perjalanan kurang lebih satu setengah jam lamanya. Agak macet. 

Sampai di D'Kandang kami disambut keramahan para tour guide juga teh manis hangat dan donut. Sebelum acara dimulai, kami berfoto bersama terlebih dahulu, kemudian kami masuk dalam 8 kelompok  yang sudah dibuat oleh wali kelas. Setiap kelompok ada satu tour guide yang mendampingi kami dan setiap satu tour guide didampingi seorang pendamping dari kami. 

Untuk putaran belajar diacak oleh tour guide karena menghindari penumpukan. Kami mendapat kesempatan untuk melakukan kegiatan sebagai berikut:

1. Memerah susu sapi

2. Berkuda, semua diberi kesempatan naik kuda dan mengelilingi taman

3. Mengenal tanaman, seperti kangkung, terong, tomat, dan tanaman lainnya. Kami mendapat penjelasan tentang manfaat tanaman tersebut.

4. Memberi minum anak kambing 

5. Mengenal berbagai macam hewan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline