Lihat ke Halaman Asli

Belva Devara, Sosok Millenial Kebanggaan Indonesia

Diperbarui: 24 April 2020   13:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tribunnews/HO/Biro Pers Sekretariat Presiden/KrisArtikel

 

Belva Devara seorang sosok kaum muda millenial yang jika di ketahui seluk beluk karirnya tidak hanya membuat indonesia bangga. Mungkin kaum wanita muda atau ibu-ibu juga kesemsem melihat sosok seorang Belva. 

Bagaimana tidak, dia memiliki karir yang sangat cemerlang mulai dari berkuliah di luar negeri sampai dengan menjadi pemimpin di sebuah perusahaan besar.  Wah.. mungkin ada beberapa orang yang sudah mengikuti dan tau tentang sosok Belva. Nah, bagi yang belum tau mari kita sama sama mengenal sosok Belva ini.

Adamas Belva Syah Devara, M.P.A., M.B.A. atau yang di sapa sebagai Belva merupakan pria berkelahiran tahun 1990, merupakan alumni dari Harvard University dan Stanford Universiti sehingga memiliki gelar ganda. Pernah juga berkuliah di NTU Singapura. 

Semua jenjang pendidikannya di luar negeri di dapatkannya dengan beasiswa penuh. Itu yang membuat dia menjadi satu-satunya orang muda dari Indonesia yang mendapat beasiswa penuh kuliah diluar negeri.

Setelah lulus pendidikan di Singapura, Belva memutuskan untuk kembali ke Indonesia dan melakukan pecapaian besar di Indonesia. Padahal banyak perusahaan yang menawarinya bekerja di Singapura dan tentu dengan penghasilan yang menggiurkan. 

Memutuskan kembali ke indonesia dan bekerja di Unit Kerja Presiden dan Pengendalian Pembangunan yang pada saat itu dipimpin oleh Kuntoro Mangkusubroto adalah pilihan Belva. 

Memutuskan untuk fokus memperbaiki pendidikan di Indonesia banyak pencapaian bergengsi yang dia peroleh selama ini. Salah satunya adalah pada tahun 2014 dia dan sahabatnya Muhammad Iman Usman  mendirikan Ruangguru yang merupakan sebuat startup teknologi yang berhungan dengan pendidikan.

Tahun 2016 pada saat dia lulus dari pendidikannya di Harvard University dan menyelesaikan gelar gandanya, Belva kembali memutuskan untuk pulang ke Indonesia dan menjabat sebagai posisi Direktur Utama di Ruangguru. Tak butuh waktu lama, belum sampai setahun ruangguru berkembang sangat pesat hampir lima kali lipat dengan jumlah siswa hampir melebihi 10 juta dan lebih dari 150.000 guru.

Dalam kepemimpinannya dia mulai aktif dalam kegiatan nasional maupun internasional dan menerima banyak penghargaan dari dalam maupun luar negeri. Salah satunya penghargaan bergengsi  adalah penghargaan prestisius menjadi salah satu dari 30 orang muda tersukses dalam bidang kewirausahaanteknologi di Asia yang diberikan oleh Forbes Megazine, berbicara pada acara Global Education Technology (GET) Summit 2017 di Beijing. 

Pernah menjadi pembicara dalam RAKERNAS 2018 yang di hadiri semua rektotor PTN di seluruh Indonesia. Menjadi pembicara Ministerial Programme of Mobile World Congres (MWC) 2018 di Barcelona. Dan pada 21 November 2019 Belva diumumkan sebagai safsus kepresidenan. Tentunya masih banyak prestasi yang di dapatkan oleh Belva.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline