Lihat ke Halaman Asli

Musik Reggae Satukan Hati, Satukan Jiwa!

Diperbarui: 18 September 2016   20:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hiburan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel


Musik reggae terdengar tidak asing bagi telinga kita. Dimana musik reggae merupakan musik yang dapat membuat pendengarnya bisa bergoyang dengan santainya saat mendengarkan alunan suara musik reggae tersebut. Tak heran jika anak-anak muda sangat menikmati alunan suara musik reggae ini seakan-akan hidupnya serasa tanpa beban.

Musik reggae seringkali diidentikkan dengan ganja, narkoba, minuman keras, dan hal-hal negatif lainnya. Dimana jika kita melihat adanya perkumpulan/komunitas pecinta musik reggae, maka masyarakat awam akan memandang sebelah mata komunitas tersebut. Padahal tidak semua yang berkaitan dengan musik reggae itu mengandung hal-hal yang negatif. Namun juga sering sekali masyarakat Indonesia mengidentifikasi musik reggae dengan rambut gimbal, skuter, dan hal-hal yang berbau klasik lainnya.

Sebenarnya ada sisi yang menarik dibalik alunan suara musik reggae ini yaitu jika kita mendengarkan musik reggae, ada beberapa lirik lagu yang isinya mengandung pesan atau makna yang ingin disampaikan oleh sang pencipta lagu tersebut. Misalnya ada lagu reggae yang liriknya ingin menyampaikan pesan kepada orang-orang yang mendengarkan lagu tersebut agar manusia senantiasa menjaga dan melestarikan alam, tidak mengotori lingkungan atau bahkan merusak alam. 

Selain itu, ada juga lirik lagu reggae yang berisi tentang makna seputar kehidupan, dimana sang pencipta lagu tersebut ingin menyampaikan bahwa dalam menjalani hidup kita tidak perlu mengeluh dan cukup menjalani saja kehidupan yang ada di depan mata kita saat ini dengan tenang dan damai.

Seiring dengan berkembangnya jaman saat ini, popularitas musik reggae tidak perlu diragukan lagi, musik reggae ternyata malah semakin melejit saja di tengah-tengah industri hiburan musik Indonesia, dimana terdapat berbagai aliran musik yang ada saat ini seperti genre rock, R & B, pop, hip hop, jazz, metal, sampai genre punk. Musik reggae pun kini mampu ikut bersaing dengan aliran musik yang lainnya. Sampai sekarang banyak sekali karya-karya yang dihasilkan oleh para pecinta musik reggae tersebut. Di Indonesia sendiri sudah ada banyak band yang beraliran musik reggae seperti Tony Q, Steven n coconut trezz, Gangstarasta, Souljah, Ras Muhammad, Marapu, Burger Time, dan masih banyak lagi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline