Lihat ke Halaman Asli

Christie Damayanti

TERVERIFIKASI

Just a survivor

Singapore, Negeri Inklusi yang Bisa Membawa Warga Disabilitas Berkarya dan Berekspresi Luar Biasa!

Diperbarui: 29 September 2022   09:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

By Christie Damayanti

Aku, penyandang disabilitas duduk diatas kursi roda karena lumpuh tubuh separuh bagian kanan karena sdrangan stroke th 2010 di San Francisco USA, di Singapore bebas untuk bisa berekspresi walau cacat.

Aku tidak butuhbantuan siapapun, karena negeri tersebut sangat ramah disabilitas, dan termasuk mereka tidak peduli gaya apapun yang aku lakukan.

Foto :

Aku di skyway Garden Bay sekitar puluhan meter diatas tanah, dan aku foto selfie dengan kamera yang aku letakan di sebuah tempat, tanpa bantuan Dan orang2 pun tidak mengganggu serta tida peduli dengan apa yang aku lalukan. Itu yang membuat negeri inklusi ini mamopu membawa disabilitas dan priorotas berekspresi dan berkaraya hebat ......

***

Sngapore merupakan salah satu Negara yang sangat menghormati warganya, teritama tentang prioritas atau lansia dan disabilitas. Mereka sadar, bahwa warga priortas dan disabilitas memang sangat membutuhkan bantuan, waau mereka bisa mandiri.

Pemerintah Singapore ters berusaha menambah2kan fasilitas bagi warganya, terutama bagi prioritas dan disabilitas, karena pemerintah tahu bahwa mereka pun suatu saat akan menjadi seorang prioritas atau lansia.

Bagaimana Singapore berjuang untuk memanjakan warganya yang sudah menjadi prioritas dan warga disabilitas?

Jika warga non-disabilitas, fasilitas2nya pun sudah sangat inklusi, dimana warga priorotas dan disabilitas pun mampu memakainya. Tetapi, justr pemerintah Singapore terus berjuang bgi warga prioritas dan disabilitas, dengan berbagai cara.

"Enabling Masterplans" mendefinisikan penyandang disabilitas adalah warga yang membutuhkan pengamanan, kenyamanan dan membutuhkan tempat hidup (khusus) serta harus maju juga untuk kehidupannya lewat pendidikan, pelatihan, pekerjaan dan termasuk rekreasi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline