Lihat ke Halaman Asli

Christie Damayanti

TERVERIFIKASI

Just a survivor

Jalan Legian, dengan Pedestrian Kurang dari Semeter Sangat Terbatas untuk Kursi Roda!

Diperbarui: 27 Juni 2022   13:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jalan Legian, yang menghubungkan antara daerah Kuta dan daerah Legian/Dokumentasi pribadi

By Christie Damayanti

Seperti yan aku bilang pada artikel2ku sebelumnya, sebenarnya aku ingin sekali keliling Bali, termasuk di Legian ini, dengan lursi roda ajaibku sendirin, diatas pedestrian atau trotoar. Tetapi, apa daya, memang di seputaran Bali pedestrian atau trotoar, aku tidak bisa diatas pedestriannya karena lebarnya kurang dari 1 meter dan banyak asesoris atau streetscapenya.

Sehingga, akhirnya aku hanya berada di atas mobil, menikmati keindahan Pulau Dewata hanya ari dalam mobil saja. Seara aku sebagai end-user dan sebagai disabilitas, tidak layak untuk ikur menikmatinya, karena sama sekali tidak ada fasilitas2 untuk kami, disanilitas.

Bahkan, hanya sekedar pedestrian atau trotorannya saja, aku tidak bisa berada diatasnya. Jika aku nekad, berarti aku akan mengorbankan pejalan kaki untuk mereka harus turus ke jalan aspal yang akan membahayakan mereka!

Walau aku yakin, mereka mau melakukannya tetapi alangkah egoisnya aku jika aku melakukannya seperti itu.

Jika memang sepi tanpa ada pejalan kaki, aku tetap akan kesulitan jika ada streetscape atau asesoris atau apapun diatas pedestrian atau trotoar, dan aku harus minta orang yang bisa menurunkan kursi roda ajaibku di permukaan aspal dan menaikkan lagi ke atas pedestrian, jika sudah lebih baik, kan?

***

Jalan Legian adalah jalan utama yang menghubungkan Kuta dengan Seminyak di Bali. Jalan ini dipenuhi berbagai toko, bar, hotel, dan club. Karena banyaknya hiburan malam dan letaknya yang dekat dengan Pantai Kuta, membuat Jalan Legian menjadi salah satu tujuan wisata yang populer di antara wisatawan di Bali.

Jalan Legian sering disalah artikan dengan Legian. Padahal sebenarnya Jalan Legian adalah penghubung antara daerah Kuta dengan Legian. Sehingga Jalan Legian sebenarnya berarti penghubung ke Desa Legian, bukan keseluruhan wilayah Legian itu sendiri.

Dokumentasi pribadi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline