Lihat ke Halaman Asli

Christie Damayanti

TERVERIFIKASI

Just a survivor

Seekor Quokka Mendekatiku Walau Tidak Mau di Sentuh, di Rottnest Island

Diperbarui: 14 Februari 2021   14:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pribadi Seekor quokka mendekatiku, walau tidak mau disentuh .....

By Christie Damayanti

                                                                                                                              

Walau benua Australia terlihat hannya sebuah benua besar dan fully 1 benua saja, tetapi tidak demikian. Karena di sisi2 nya sekeliling benua, mempunyai banyak pulau2 kecil nya.

Bahkan, di Australia bagian timur, merupakan guudsn kepulauan yang membentuk karang yang ternyata terkenal di dunia. "The Great Barrier Reef", membentang dari Semenanjung Cape York sampai Brisbane ......

Di Perth sebelah barat Australia pun mempunyai beberapa pulau kecil yang mempunyai habitat2 kehidupan yang berbeda.

Ada Pinguin Island, tempat habitat jenis penguin tertentu yang aku pernah mengamatinya seharian. Lihat tulisanku, "Pinguin Island", Mengamati Dunia si Anak Pinguin

Ada juga Rottnest Island, yang akan aku ceritakan disni, bagaimana aku mengamati kehidupan seekor quokkas, salah satu hewan khas Australia yang tidak ada di benua lainnya.

Rottnest Island (dikenal sebagai Wadjemup bagi masyarakat Noongar setempat, dan jika tidak, dalam bahasa sehari-hari dikenal sebagai Rotto) adalah sebuah pulau di lepas pantai Australia Barat, terletak 18 kilometer di sebelah barat Fremantle.

Sebuah pulau berpasir dan dataran rendah yang terbentuk di atas dasar batu kapur aeolianit, Rottnest adalah cagar kelas A, tingkat perlindungan tertinggi yang diberikan untuk lahan publik. Bersama dengan Garden Island, Rottnest Island adalah sisa dari bukit pasir Pleistosen.

Pulau ini mencakup 19 kilometer persegidan dikelola oleh Otoritas Pulau Rottnest di bawah undang-undang terpisah dari parlemen. Rottnest adalah tujuan populer, dan ada layanan harian ke Perth, ibu kota negara bagian dan kota terbesar.

Rottnest terkenal dengan populasi quokka, marsupial asli kecil yang ditemukan di beberapa lokasi lain. Pulau ini juga merupakan rumah bagi koloni singa laut Australia dan anjing laut berbulu selatan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline