Lihat ke Halaman Asli

Christie Damayanti

TERVERIFIKASI

Just a survivor

Coronado Bridge, Jembatan Melingkar Penghubung San Diego dan Coronado

Diperbarui: 2 Maret 2017   20:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

By Christie Damayanti

www.en.wikipedia.org

Megah nya Coronado Brigde di San Diego …..

Dari La Jolla, kami menuju ke Coronado. Sebuah pulau tepat di depan kota San Diego, yang dihubungkan oleh jembatan panjang, dari dataran Amerika ke Coronado.

Aku baru 2 kali ke Coronado. Sebuah pulau kecil tetapi sarat dengan wisata yang tidak biasa. Artikel ini, dimulai dengan cerita tentang jembatan Coronado Bridge, yang menghubungkan San Diego ke Coronado. Berupak jembatan beton pra-tekan, bagian dari highway ‘State Route 75’.

Tahun 1926, masa itu Angkatan Laut NAVY Amerika tidak menyetujui membangun jembatan panjangini karena takut runtuh, karena badai. Bisa dimengrti, karena rencana jembatan ini memang cukup panjang, sedikit berputar atau melingkar (bukan lurus langsung ke pulau, karena berhubungan dengan posisi dan tempat serta perhitungan2 yang sesuai), serta hanya 2 jalur, yang membuat jembatan ini seperti lidi yang panjang dan kecil. Apalagi jika ada badai atau gelombang laut sedang besar!

Tetapi tahun 1952, semakin modern dan mengadakan studi kelayakan untuk membangun jembatan tersebut. Perhitungan yang matang, perlahan bisa direncanakan, dengan ketiggian untuk bisa dilayari dibawahnya setinggi lebih dari 61 meter.

Sukses jembatan ini, diikuti ketika Coronado Bridge dibuka tanggal 3 Agustus tahun 19769 untuk umum, dan terus diperbaharui sampai sekarang.

Awalnya, jembatan ini dikenai bea masuk, sebagai jalan bebas hambatan, tetapi sekarang semua sudah berakhir dan sekarang kendaraan bebas melaju disana. Hanya ada 2 lajur dengan masing2 lajur bisa untuk 3 jalur kendaran besar. Jadi total ada 3 jalur kendaraan dari San Diego ke Coronado, atau 3 jalur kendaraan lagi sebaliknya, dari Coronado ke San Diego.

***

Kami menuju Coronado dari kota San Diego memalui highway dahulu, sekitar 30 menit. Waktu itu masih sebelum Natal dan hari kerja, sehingga tidak terlalu banyak kendaraan. Dan San Diego termasuk Coronado, bukan titik wisata yang sangat diminati oeh wisatawan asing. San Diego memang banyak diminati untuk kehidupan Sea World dan Legoland. Walau juga jika kita memang addict tentang wisata, sebenarnya masih banyak sekali yang bisa kita amati di area yang lain …..

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline