Lihat ke Halaman Asli

Christie Damayanti

TERVERIFIKASI

Just a survivor

Singapore Untukku adalah..

Diperbarui: 11 Juli 2016   11:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

By Christie Damayanti


Untukku, Singapore adalah hanya sekedar sebuah negara kecil, tetangga terdekat Indonesia, dan merupakan negara pertama aku ke luar negeri tahun 1976, ketika aku masuk berumur 6 tahun dan duduk di kelas 1 SD.

Untukku juga, Singapore merupakan sebuah negara transit, jika aku ingin ke negara2 lainnya yang lebih jauh, waktu menggunakan beberapa penerbangan yang bekerjasama dengan negara tersebut.

Untukku lagi, walau demikian Singapore adalah sebuah negara maju yang salah satu aku kagumi dengan konsep2 perkotaannya serta kedisipinannya. Yang juga merupakan focus nantinya “Jakarta mau seperti apa”, sesuai dengan tatanan kota dan urban desain ala Christie.

Singapore juga merupakan negara untuk seminar2 pekerjaanku, survey2 serta banyak desainer2 Singapore bekerja sama dengan ku untuk sebuah desain arsitektur di Jakarta. Ya, Singapore merupakan ‘meeting point’ desainer2 muda ……

Yang terakhir, untukku Singapore hanya sebuah negara yang aku datangi tiak pernah lebih dari 3 hari saja, untuk sekedar mencari oleh2 dan menikmati makanan enak dan barang2 murah …..

Tetapi ternyata sejak tahun 2012, Singapore “berubah fungsi” untukku …..

Tahun 2012

Sudah 2 tahun aku dalam keterbatasan lumpuh sebelah kanan tubuhku karena stroke. Dan aku tidak bisa hanya bergerak tetap di lingkunganku saja. Aku adalah seorang yang harus terus ‘mobile’, dan tidak betah hanya di 1 titik saja.

Aku adalah seorang traveler, bekerja untuk sebuah tujuan. Mencari referensi untuk sebuah karya, salah satunya menikmati wista dunia untuk konsep2 dan angan2ku di kepalaku.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline