Lihat ke Halaman Asli

Christie Damayanti

TERVERIFIKASI

Just a survivor

Antara Peranakan China Jawa, Jepang dan Sunda di Bangunan Belanda …..

Diperbarui: 25 November 2015   16:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 

 

LINK Kota Tua Semarang :

“Kesalahan Kecil” di Sebuah Bangunan ala Belanda di Kota Tua Semarang

Metamorfosa ‘Spiegel Bar & Bistro’ : Eropa Lama di Semarang

‘Gereja Blenduk’ Semarang, Salah Satu Gereja Tertua di Jawa Tengah

***

Puas melihat2 dan mengeksplore bagian luar bangunan restoran “Ikan Bakar Cianjur”, kamipun langsung masuk ke dalam. Waaaaaaaaa ……. Begitu masuk ke dalam lewat pintu samping (dari tempat parkir), suasana dan auranya sangat berbeda, dengan mataku dimanjakan oleh interior cantik bangunan tersebut! Mataku terus melotot, rakus melahap apapun yang tersambar.

Dari lantai bak’ permadani (padahal ubin batu dengan ukiran jaman itu), plafond yang dari kayu solid, dinding2nya yang di beberapa titik berupa jendela, asesorisnya jaman keemasan Belanda awal tahun 1990-n di Semarang, bahkan kue2 atau snack2nya seturut dengan ‘aura magisnya!’


 Pintu samping dari parkiran mobil, mengantarku melewat ‘permadani kuning’, sebagai permukaan lantai bak’ permadani (foto ke-1). Dari situ, kami berbelok ke anan dan aku lihat pemandangan yang luar biasa cantik (foto ke-2)! Ruangan setinggi 5 meter, dengan lsntai bak’ permadani, dengan hiasan2 dan asesoris cantik peranakan Jawa, memanjakan mataku …..

Bangunan itu ternyata lebih besar dari perkiraanku sebelumya. Jika kulihat dari luar saja, sepertinya tidak besar. Tetapi memang tidak terlihat besarnya bangunan itu, lewat tambahan2nya di belakangnya. Seperti biasa, hampir semua bangunan, terutama bangunan2 di Indonesia, akan mengalami “pertumbuhan”. Bangunan tumbuh itu memang membuat kota dimana bangunan itu ada, juga semakin “bertumbuh” …..

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline