Lihat ke Halaman Asli

Christie Damayanti

TERVERIFIKASI

Just a survivor

‘The Pompidou Centre’ : Bangunan Unik karya Kenzo Piano, Arsitek Favoriteku

Diperbarui: 10 Agustus 2015   14:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

By Christie Damayanti

  

Artplusgallery.tumblr.com

Medio Maret 2006 di Paris

Sebenarnya, aku ingin mengajak anakku ke The Pampido Center, tetapi karena hujan swhingga kami tidak ada waktu lagi untuk kesana, aku hanya mengumpulkan memoriku, sewaktu aku kesana untuk mempelajari arsitektur uniknya, dan sedikit study banding untuk pekerjaanku, tahun 2006.

Di sebuah ujung kota, aku sedikit berbelok untuk bertemu dengan seorang teman lama yang sekarang tinggal di Paris setelah dia menikah dengan sorang lelaki Perancis. Temanku bernama Maria. Dia tinggal bersebelahan dengan sebuah gedung yang sangat modern, yang bertolak belakang dengan suasana kota Paris dengan bangunan2 tuanya yang cantik ……

Temanku yang dahulu tinggal di Paris, tidak sempat menemaniku kesana, sehingga aku sendiri saja, setelah Maria menemaniku untuk sebentar berfoto2 di depan Notre Dame Cathedral.

 

Ya, ‘The Pompidou Centre’, adalah sebuah bangunan modern , didesain oleh seorang arsitek kebangsaan Itali, Renzo Piano dengan Richard Rogers. Salah satu Arsitek favoriteku. Bangunan ini merupakan museum  dan Pusat Budaya, merupakan gagasan Presiden Georges Pompidou, yang memang ingin menciptakan sebuah lembaga kebudayaan asli di jantung kota Paris, yang benar2 terfokus pada penciptaan modern serta konteporer, dimana seni visual akan banyak terdapat disini, seperti teater, musik, bioskop, sastra dan beberapa aliran seni modern dunia.

 

thepampidoucentre.com

worldarchitecture.com

 Konsep arsitektural ‘The Pompidou Centre’, dengan sebuah bangunan modern yang transparent serta fasilitas ME-nya ada di luar bangunan.

Arsitekturnya melambangkan abad-20, dan bangunan ini pertama kali dibuka untuk umum pada tahun 1977. Tahun 1997 direnonasi sampai tahun 1999 dan dibuka untuk umum 1 Januari 2000, yang melambangkan pergantian abad dari abad-19 ke abad-20. Data statistic Paris mengatakan bahwa sekitar 6 juta orang melewai pintu masuk Pompidou setiap tahun dan total ebih dari 190 juta pengunjung pada 30 tahun keberadaannya.

 

uia.architects.org

 ‘The Pompidou Centre’ di tengah2 bangunan tua kota Paris

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline