Lihat ke Halaman Asli

Christie Damayanti

TERVERIFIKASI

Just a survivor

Hari Terakhir di Swiss, Menuju ke Liechtenstein...

Diperbarui: 17 Juni 2015   06:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1432533895293806654

By Christie Damayanti

Hari terakhir di Swiss, kami sempatkan  tour ke beberapa kota kecil yang justru ingin aku datangi. Rapperswil, Mainfield sampai sebuah negara kecil di perbatasan Swiss dan Austria, Liechtensteins. Negara ini sangat kecil dan aku sudah bermimpi ingin kesana sejak aku mendapatkan surat balasan dari Raja Liechtenstein tahun 1982, ketika aku baru kelas 5 SD.

Mainfield sendiri adalah sebuah kota kecil, dimana secara cerita legenda Swiss, ada seorang anak kecil penggembala kambing, namanya Heidi, yang bisa mengubah sifat dan perilaku kakeknya untuk lebih sabar dan lembut terhadapnya dan kepada tetangga2nya.

Cerita Heidi sudah aku kenal sejak aku dibelikan komik 'Album Cerita Ternama' oleh mamaku sekitar tahun 1970-an, dimana aku sedang belajar meng-eksplore membaca, mencari dunia serta keinginan mendapatkan sebuah 'idola' di luar sana. Sehingga jelas, Heidi menjadi salah satu tokoh idolaku pada waktu itu. Dan aku masih duduk di kelas 1 SD.

***

Seperti biasa, setelah makan pagi kami menuju Central Tour sekitar 2 blok dari hotel kami di Limmatstrasse. Jam 8 kami berjalan kaki kesana, Michelle mendorong kursi rodaku. Pagi itu cukup cerah dengan matahari bersinar tersembul dari pepohonan yang menaungi jalan itu. Langit biru cerah dan beberapa warga lokal sudah bergegas untuk menuju ke pekerjaannya. Beerjalan kaki atau menunggu tram yang melintas di Limmatstrasse.

Aku sudah membeli tiket menuju ke HEIDILAND, dimana akan ada transit di Rapperswil, kota 'dunia mawar', Mainfield lal menuju rumah Heidi, setelah dari Liechtenstein dengan ibukota bernama Vaduz. Mendengar kata 'Vaduz', aku sudah membayangkan kota2 tua, lebih tua dari yang aku bayangkan, dengan warga kota ramah dengan beberapa kastil di atas bukit. Benar kah demikian?

1432533944871746567

Perjalanan dari Zurich, Rapperswil, Liechtenstein, Mainfield ( HEIDILAND ) dan langsung kembali lagi ke Zurich, lewat peta.

Tiba di Central Tour, hari benar2 masih pagi. Aku sengaja pagi2, karena aku ingin banyak mengamati serta mengobrol dengan petugas2 tour dan supir2 bus nya. Buat apa? Ya ... hanya untuk melengkapi keingintahuan ku tentang banyak hal. Terbukti, aku mendapatkan banyak teman baru yang bersedia untuk aku 'ganggu', jika aku ke Swiss lagi. Mimpi ku memang terus berlanjut .....

Jam 9 pagi menjelang. Kami seluruh rombongan tour ke Heidiland mulai memasuki bus wisata kami. Tour ke Heidiland ini memakan waktu sekita 9 jam, dengan masuk ke negara lain. Dimana kami harus membayar tour per-orang 84 Euro. Berarti untuk 3 orang menjadi 3 x 84 Euro = 252 Euro = sekitar 4 juta lebih, bertiga.

Hmmmmm ...... sebuah 'pengorbanan' untuk mempunyai pengalaman hidup sebanyak2nya, apalagi untuk masa depan anak2ku ..... Tour selama 9 jam dan membayar sebesar itu tanpa makan. Yang dimana makanpu harus siap denan harga2 yang fantastis untuk kami, sebagai warga Indonesia yang terbiasa dengan makanan2 enak dan murah di negeri sendiri .....

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline