Lihat ke Halaman Asli

Christie Damayanti

TERVERIFIKASI

Just a survivor

Dunia Maya pun Juga Ada di 'Hp Jadul'...

Diperbarui: 24 Juni 2015   17:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1361510050124771780

By Christie Damayanti

[caption id="attachment_244843" align="aligncenter" width="591" caption="theonlinemom.com"][/caption]

Tidak pernah aku sangka, bahwa siswa siswi SMPN 1 Baturaden benar2 merupakan generasi muda harapan bangsa. Bukan, awalnya bukan pesimis. Tetapi karena ketika kami disana dan memberi motivasi dalam menulis, kami tidak melihat semangat bertanya yang membara. Aku memang melihat, mereka mulai tersetak ketika Valentino membuka 'perpustakaan' dunia maya-ku tentang tulisan2ku serta koleksi prangko-ku. Mereka bertambah tersentak ketika aku bercerita tentang bagaimana aku mulai menulis dengan tangan kiri .....

Mereka memang berada bukan di sebuah kota besar, dan mereka tidak sama dengan teman2 mereka di kota besar. Fasilitas dan sarana masih terbatas. Dana dari keluarga pun juga sangat terbatas. Dan kami sangat paham dan mengerti itu, sehingga kami tidak terlalu berharap untuk mereka cepat2 berinisiatif untuk 'menceburkan' diri mereka dalam menulis, sesuai yang kemarin kami katakan. Apalagi kesiapan fasilitas dan dana yang tidak seperti remaja2 Jakarta, pasti akan berbeda, dan mereka akan lebih 'tertinggal' dibanding remaja2 Jakarta, tentang kebutuhan smartphone, laptop ataupun interentnya sendiri.

Ketika di Purwokerto, remaja2 itu memang sudah banyak yang menggunakan smartphone, tetapi karena jaringannya belum begitu baik dan dana dari orang tuapun tidak terlalu banyak, sehingga mereka lebih banyak berselancar di dunia maya lewat warnet, sehingga justru mereka bisa tidak terkontrol.

Ketika kami sudah selesai dengan kegiatan kami, baru selesai, aku mendapatkan beberapa remaja mengirim SMS untukku, serta seorang guru mengirimkan email untukku. Pertama memang hanya mengenalkan diri, basa basi. Tetapi SMS dan email barbalas terus dan berlanjut dengan diskusi ringan. Ada yang ingin membuka akun Kompasiana, karena terinspirasi dengan kata2 motivasiku. Ada yang memang sekedar bertanya, tentang aku pribadi atau tentang kegiatan IDKita. Ada juga yang sekedar curhat kecil. Atau membuka2 halaman blog Kompasiana-ku. Untukku sangat membaggakan, ketika kira berhasil menumbuhkan semangat dan motivasi untuk 'bergerak' menjadikan diri kita lebih baik. Apalagi, ketia kami, atau aku sebagai 'orang asing', mempu membuat aku 'merengkuh' mereka untuk mereka lebih baik dari yang sekarang .....

Sejak kepulangan kammi dari Purwokerto, ada seorang siswi yang terus menghubungi aku ( selain siswi serta guru2nya, tetntunya, walau tidak sekerap siswi ini ). Jam2 setelah pulang sekolah. Hanya ngobrol lewat SMS, dan aku selalu membaladnya, mendukungnya dan menenangkannya, jia aku merasa dia mengkawatirkan sesuatu. Anak ini, sungguh luar biasa. Siswi kelas 8, atau kelas 2 SMP, yang bisa membanggakan orang tuanya serta membanggakan sekolahnya, suatu saat.

Gita, namanya. Dia sering menanyakan apapun dengan tanpa malu2 atau takut2. Pertanyaannya lebih kepada bagaimana waktu aku menulis, berapa lama, berapa banyak menulis setiap hari, setelah dia berhasil membuka akun Kompasiana. Katanya, dia tidak sabar untuk menulis di Kompasiana. Tetapi kelihatannya, dia akan bisa menulis setelah pulang sekolah dan setelah tugas2 sekolahnya selesai dikerjakan, sehingga dia belum bisa menuliskan sesuai di akunnya.

Aku mengatakan,

"Tidak apa-apa, Gita sayang. Tante yakin koq, bahwa kamu akan mulai menulis, sesuai yang dijanjikan pada tante. Selesaikanlah tugas2mu dulu, termasuk belajar. Menulis mulailah sebagai hobi, ok?"

Kata2nya dalam SMS nya sangat semangat! Dengan kata2 khas remaja dan semangat remaja, membuat aku serasa jauh lebih muda, hihihi ..... Jangan lupa, Gita seumyr anakku yang kecil, Michelle, sehingga aku seperti mempunyai 'anak' yang lain .....

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline