Lihat ke Halaman Asli

Christie Damayanti

TERVERIFIKASI

Just a survivor

Grapevine Mills Mall: Konsep Factory Outlet dengan Interior Yang Kreatif

Diperbarui: 26 Juni 2015   03:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1311744176953332848

By Christie Damayanti

Mall memang dimana2 sama saja. Walau sebenarnya, konsep mall berbeda dari masing2 negara. Seperti negara2 Eropa dan Amerika Serikat, konsep mall lebih kearah 'fungsi' di bandingkan mall2 di Asia, terlebih di Singapore, Malaysia, Thailand dan Indonesia. Maksud 'fungsi' adalah, bahwa mall2 di Eropa dan Amerika Serikat di buat berdasarkan 'kebutuhan'. Orang2 di Eropa dan Amerka Serikat, ke mall tidak hanya untuk berjalan2 saja seperti di Asia ( apa lagi di Indonesia ), tetapi mereka memang ingin membeli sesuatu sambil sedikit berjalan2. Setidaknya, mereka bersantai sejenak setelah berbelanja.

Konsep belanja bagi warga Amerika adalah membeli sesuatu. Walaupun seperti yang banyak orang katakana, bahwa Amerika penuh dengan orang2 kaya, tetapi mereka tetap membutuhkan barang2 murah ( seperti tulisanku  Barang-Barang Berharga Murah di Toko 'One Dollar Shop' di Amerika ). Jika di 'One Dollar Shop' hanya menjual barang2 kebutuhan sehari2, di Amerika banyak tempat untuk berdagang khusus disebut Factory Outlet, dimana di Indonesia sudah menjamur Factory Outlet ( FO ), walau konsep FO berbeda dengan konsep FO di Amerika.

Beberapa titik di masing2 kota di Amerika, FO selalu dipenuhi, bukan hanya orang2 mengah ke bawah, tetapi warga mengeah atas. Mereka berbelanja di FO tetapi mereka masih memilih jenis barangnya. Konsep FO di Amerika adalah barang2 yang 'afkir' dari pabrik karena kesalahan  atau cacat, walau sedikit jahitannya melengkung atau menempelnya terkelupas, tetap saja di'afkir' dan harganya sangat rendah. Barang2 afkiran tersebut bisa di diskon sampai 75% - 90% nya.

Di Dallas, di daerah Grapevine, sekitar 30 menit dari Irving, tempat adikku tinggal, ada sebuah mall khusus untuk FO. Biasanya, FO di Amerika bukan berupa 'mall' melainkan toko2 kecil dalam area khusus yang luas, seperti di Citadel ( Los Angeles ) atau Cabazone Outlet ( Las Vegas ).

Grapevine Mills Mall, adalah factory outlet yang sangat besar dan luas. Berupa mall biasa. Jika FO yang lain akan jadi kendala jika hujan karena kita berjalan di luar bangunan untuk masuk masing2 toko. Grapevine Mills mempunyai desain khusus sebagai toko2 barang2 murah. Jujur, interior banyak mall di Amerika desainnya biasa2 saja walaupun itu adalah mall mahal. Tetapi justru di Grapevine Mills desainnya lebih baik dan sangat kreativ, sebagai mall barang2 murah .....

1311744239612135015

13117442522091033538

Signage 'Grapevine Mills' di sebelah utara dan selatan mall.

Grapevine Mills ( GM ) mempunyai 2 pintu, utara dan selatan dengan 180 toko.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline