Lihat ke Halaman Asli

Christie Damayanti

TERVERIFIKASI

Just a survivor

Sedikit Pemikiran untuk Jakarta : Manajemen Pembangunan terhadap Pertumbuhan Fisik Kota (Bagian: 10)

Diperbarui: 26 Juni 2015   09:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

12962325581952245951

By Christie Damayanti

Keinginan pemerintah dan warga mengenai keadaan kota yg ideal

Sebagai ibu kota Negara, Jakarta mempunyai konsep berbeds dengan kota2 lain di Indonesia yg mengininkan tentang keindahan, kerapihan, kebersihan, keamanan, ketertiban dan semacamnya, tetapi Jakarta menginginkan menjadi kota pelayanan ( service city ). Tidak sekedar membangun fisik kota Jakarta menjadi nyaman secara visual, tetapi lebih ditekankan pada pembenahan seluruh aparat agar memiliki kadar integritas tinggi sehingga wibawa meningkat.

Refomasi aparat pemerintahan harus dapat membuat perubahan untuk membangun kota Jakarta, tidak hanya secara visual, tetapi juga meningkatkan wiwaba kota Jakarta untuk menjadikan Jakarta menjadi lebih siap menuju era globalisasi.

Sekarang ini sangat menonjol untuk menjadikan kota menjadi fotogenikdengan harapan menjadi symbol ke'modern'an bahkan pasca modern. Tetapi ternyata hal tersebut justru mengakibatkan antara lain lenyapnya sejumlah bangunan kuno dan kawasan bersejarah yg dianggap ketinggalan jaman. Padahal kita tahu justru di negara2 mau seperti di Eropa dan USA, bangunan2 kuno merupakan asset Negara yg sangat diperhatikan keberadaan dan perawatannya.

Masyarakat sebenarnya mendambakan perkembangan kota tidak hanya kearah fisik kota yg fotogenik tetapi kearah sosiogenik, yaitu agar segenap warga terlindungi kehidupannya, seluruh warga golongan rendah disantuni oleh yg mapan, masing2 saling membantu untuk membangun kota yg nyaman untuk dihuni. Hanya dgn demikian, akan menumbuhkan perasaan 'memiliki' oleh warga ( sense of belonging ) sehingga warga dengan sukarela akan selalu menjaga dan memelihara lingkungannya dengan baik.

Ketimpangan memang pasti terjadi di negara2 manapun, sehingga tidak heran bahwa kota metropolis tidak lagi menjadi kenyataan tapi justru kota profitopolis yg sekarang menjadi popular ( kota yg sekarang berorientasi kepada keuntungan financial ).

[caption id="attachment_87812" align="aligncenter" width="300" caption="Kota metropolis Jakarta"]

1296232303189046994

[/caption]

[caption id="attachment_87813" align="alignleft" width="150" caption="Jakarta yg bisa menjadi kota profitopolis"]

12962327211617804943

[/caption]

Yg diinginkan oleh seluruh warga Jakarta adalah adalah kota yg ecopois ( berwawasan ekologis ) dan terlebih lagi kota yg humanopolis ( kota yg manusiawi ) dgn catatan harus adanya kemauan politk, komitmen dan konsistensi pemda, keterlibatan pihak swasta sebagai mitra & partisipasi aktif segenap warga masyarakat, bukannya tidak mungkin keinginan ini akan terwujud.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline