Lihat ke Halaman Asli

SAS Project

Diperbarui: 3 Juli 2023   20:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Dalam proses pembelajaran mata kuliah kewirausahaan yang diampu oleh Th. Diah Widiastuti, SE., M.Si. Berkaitan dengan experiental learning ini merupakan proses pembelajaran kewirausahaan yang baik karena melatih mahasiswa untuk mengalami pengalaman pembelajaran yang baru dengan pembelajaran yang dilakukan diluar kelas. 

Hal ini juga melatih mahasiswa untuk bekerja dalam team karena tugas seperti ini susah jika dilakukan individu. Dari tugas yang diberikan ini dapat memotivasi mahasiswa jika dapat melakukan kegiatan "create money without money". 

Create money without money yang dimaksud adalah mendapatkan uang tanpa mengeluarkan modal sedikitpun. Di dalam tugas yang diberikan hanya boleh mengeluarkan uang 10 ribu / orang, di dalam kelompok terdiri dari 10 orang. Dengan modal 100 ribu mahasiswa harus bisa mengembangkan uang tersebut untuk meraih keuntungan yang tinggi. Hasil keuntungan dari project ini didonasi kan kepada yang membutuhkan.

Sing and Share Project merupakan kelompok yang membuat event yang mengambil konsep charity concert dengan dibantu pameran fotografi agar lebih menarik. Event SAS ini terlaksana dengan bekerja sama dengan beberapa orang seperti stako dengan penyedia tempat diadakannya acara charity concert dan dibantu organisasi fotografi dari Universitas Sanata Dharma sebagai pelengkap acara SAS. 

Tujuan dari SAS project adalah untuk berdonasi kepada panti asuhan Rumah Buah Hati yang membutuhkan dana untuk pembangunan panti asuhan yang lebih layak untuk anak anak panti disana. Oleh karena itu segala keuntungan dari penjualan tiket, kaos, dll akan diberikan ke panti asuhan Rumah Buah Hati. 

Kita sudah menyiapkan event ini dan sudah menyiapkan semuanya dengan matang akan tetapi walaupun sudah disiapkan semaksimal mungkin tetap ada hambatan pada waktu event berlangsung kita dihambat dengan komplain warga yang tidak memperbolehkan band berlangsung di stako. 

Pada waktu itu semua kebingungan untuk mengatasi masalah ini tetapi masalah ini tetap bisa diatasi dengan kedatangan Ibu Diah yang lebih awal sehingga dapat mencari solusi untuk keberlangsungan acara charity concert. Dengan solusi band tidak jadi tampil dan digantikan accoustic dari stako dan pengunjung tetap menikmati acara tersebut.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline