Lihat ke Halaman Asli

Memberi Awarenes Melalui Kreatifitas Viral Marketing

Diperbarui: 24 Juni 2015   22:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

13499308871714761157

Kreatifitas dalam dunia marketing saat ini sangat di tuntut bagi para Marketer guna membangun dan memberikan awareness kepada publik terhadap produknya. Cara-cara konvensional dalam strategi membangun dan menciptakan awareness, mungkin sedikit banyak masih di jalankan oleh beberapa brand demi mendongkrak penjualan produk mereka. Ketika strategi konvensional itu dapat di padukan kedalam strategi digital, maka belum semua brand akan bisa menerima dua platform ataupun elemen yang berbeda dari segala sisi pelaksanaan. Oleh karena itu, disinilah perlunya sebuah jembatan penghubung antara dua aspek  yang di ibaratkan "dua sisi mata uang" dan bagi sebagian brand ini bertolak belakang. Kreatifitas merupakan jembatan penghubung antara strategi marketing konvensional dan strategi marketing dengan media digital. Hal inilah yang coba dilakukan oleh sebuah delaer resmi dari brand ternama, dengan menampilkan sesuatu yang berbeda dari perusahaan - perusahaan otomotif yang ada di Indonesia. Sebuah "gimmick" yang unik, kreatif dan inovatif coba mereka kembangkan dengan membuat sebuah video viral marketing dan di unggah ke dalam situs jejaring video YouTube. Kemasan dan tampilan yang lebih segar dengan mengedepankan misi mereka yaitu "Mempromosikan perkembangan perusahaan secara berkesinambungan dan berkelanjutan" melalui video viral marketing yang melibatkan seluruh karyawan mereka menjadi pemeran utama dari video tersebut. Berikut ini adalah video campaign yang mereka komunikasikan secara visual dan tidak lupa membawa pesan positif bagi citra perusahaan. Dengan membuat sebuah video viral marketing, pihak brand disini tidak sama sekali menyelipkan unsur sales ataupun promosi didalamnya. Justru mereka ingin menampilkan sesuatu yang berbeda dari yang lainnya, melalui karyawan mereka yang sengaja dijadikan "selebritis" pada video tersebut. Kreatifitas semacam inilah yang saat ini perlu diperhatikan oleh brand-brand besar di Indonesia dalam menyampaikan pesan (campaign) melalui media komunikasi visual pada sebuah platform jejaring video di dunia maya semsial YouTube. Kesempatan ini dinilai sangat baik dan bagus dari point bila dilihat pada sudut pandang eksistensi dan improvisasi cara penyampaian promosi, edukasi dan insight serta experience. Bentuk viral marketing semacam ini dapat juga menjadi sebuah "Brand Image" yang dapat membedakannya dengan perusahaan. company, ataupun korporasi dengan yang lainnya. Hal-hal semacam ini, diharapkan dapat meberikan suntikan motivasi bagi brand-brand di Indonesia yang sudah memiliki nama yang cukup besar dalam mengemas tampilan marketing mereka lewat cara yang sederhana, kreatif, namun tetap berada pada visi dan misi perusahaan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline