Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa Bernasionalisme

Diperbarui: 6 November 2023   12:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sikap nasionalisme merupakan sikap cinta terhadap bangsa sendiri secara berlebihan, sehingga seakan-akan tidak menganggap bangsa lain. Nasionalisme dapat ditunjukan melalui sikap bangga dan senang menjadi warga Negara Indonesia. Selain itu, sikap nasionalisme juga dapat ditunjukan melalui kegiatan sehari-hari seperti : menghargai perbedaan pendapat, ikut melestarikan budaya rakyat, ikut dalam kegiatan yang menjujung tinggi rasa persatuan berbangsa dan bernegara, serta masih banyak kegiatan yang dapat dilakukan terutama pada kalangan mahasiswa.

Mahasiswa merupakan golongan masyarakat yang memiliki usia produktif. Sehingga dapat dikatakan bahwa usia mahasiswa merupakan usia manusia saat berkembang secara kreatif dan mencari jati dirinya. Mahasiswa memiliki berbagai organisasi dengan kegiatan yang dapat menyuarakan rasa nasionalisme.

Pada bulan November ini, kita memasuki bulan peringatan Hari Pahlawan. Pahlawan merupakan seorang yang rela berkorban dan berjuangn untuk membela kemerdekaan bangsa ini. Sikap cinta dan bangga pada tanah air yang dimiliki membuat para pahlawan berhasil menyuarakan kemerdekaan itu. Sebagai mahasiswa, kita perlu berkaca serta meniru perjuangan yang telah dilakukan oleh para pahlawan. Bukan hanya berkaca dari pahlawan, namun kita juga dapat meniru pemuda yang telah berjuang pada masanya yang dibuktikan dengan adanya Sumpah Pemuda.

Pemuda pada dahulu selalu menjunjung persatuan dan kesatuan. Hal tersebut dapat kita contoh pada masa kini. Sebagai mahasiswa, sebaiknya kita menjadi nsalah satu agen pemersatu bangsa melalui sikap dan tindakan kita yang menjunjung persatuan dan kesatuan. Persatuan dan kesatuan yang terwujud dalam kehidupan sehari-hari dapat membuat kehidupan berbangsa serta bernegara menjadi lebih aman, damai, tentram, dan sejahtera.

Penulis : Christiana Arum Charlita dan Dr. M. Rohmadi Ratulisa, M. Hum.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline