Lihat ke Halaman Asli

Christian NathanaelGirsang

Siswa SMA Kanisius

Pengaruh Begadang terhadap Kesehatan

Diperbarui: 6 April 2023   10:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: PEXELS

PENGARUH BEGADANG PADA KESEHATAN

Waktu 24 jam sehari ternyata tidak cukup untuk melakukan seluruh kegiatan yang kita inginkan. Akibatnya, banyak orang yang mengorbankan waktu tidur malamnya untuk begadang agar bisa melakukan lebih banyak kegiatan dan mungkin Anda adalah salah satunya. Tidur terlalu larut bisa memberikan efek positif, namun ternyata lebih banyak efek negatif yang akan dirasakan oleh tubuh.

Begadang adalah kegiatan dimana pelajar/pekerja mereka tidur sangat larut malam misal karena mereka belum tuntas dalam mengerjakan pekerjaan nya,sehingga mereka terpaksa untuk tidur sangat larut malam,seperti yang kita ketahui manusia memiliki jam tidur normal adalah 6-8 jam jika manusia tidur kurang dari 6-8 jam maka akan memaksa tubuh bekerja lebih keras untuk memompa darah ke jantung,nah biasanya mereka ini tidak tahu pengaruh buruk dari begadang ini.

Pengaruh buruk dari begadang ini ada banyak sekali seperti akan menyebabkan tubuh bekerja lebih keras untuk memompa darah ke jantung,ada juga penyakit yang di timbulkan dari begadang ini sendiri penyakit penyakit nya adalah seperti hipertensi,serangan jantung,stroke.

Solusi untuk mengatasi permasalahan ini adalah sebaiknya para pelajar/pekerja lebih dahulu dalam menyelesaikan pekerjaan nya karena mungkin saja masih banyak pelajar/pekerja yang mereka menunda-nunda pekerjaan mereka jadi saat mereka menunda pekerjaan tersebut menjadi menumpuk dan semakin banyak dan semakin banyak yang harus mereka kerjakan,yang kedua adalah bisa mengatur waktu dengan baik jika mereka bisa mengatur waktu dengan sangat baik maka mereka tidak perlu menumpuk pekerjaan dan mereka bisa menyelesaikan tepat waktu dan tidak perlu begadang.

Solusi ketiga adalah mengatur jadwal dengan baik,contoh nya jadwal kegiatan yang padat membuat pelajar/pekerja pulang malam lalu mereka lupa bahwa mereka memiliki tugas yang harus di selesaikan dan dibuat dan tugas tugas yang harus di kerjakan malah terlupakan dan menjadi menumpuk.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline