Lihat ke Halaman Asli

Christian

Content Writer

Kiat untuk Menjadi Sukses

Diperbarui: 3 November 2020   15:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

I Dewa Gde Satrya Widya Dutha, S.E., M.M., 

Surabaya -- Setiap orang yang sukses turut membanggakan sekolah dan guru-guru yang pernah mendidiknya. Dialah I Dewa Gde Satrya Widya Dutha, S.E., M.M., putra lulusan SD (1994) dan SMP (1997) Sekolah Santo Yosef Tarakanita Surabaya yang kini menjadi dosen Fakultas Pariwisata di Universitas Ciputra Surabaya.

Dewa, sapaan akrabnya, berkesempatan membagikan kiat-kiat untuk menjadi sukses dalam acara Alumni Mengajar Selasa, 3 November 2020. Acara ini diselenggarakan via telekonferensi Zoom dengan dihadiri siswa/i kelas VI SD Santo Yosef Tarakanita Surabaya.

Dipandu oleh host teacher Bonifatius Rudi Ardiyanto, S.Pd., acara ini berlangsung mulai pukul 08.00-09.30 WIB. Sekitar 85 peserta hadir mengikuti telekonferensi Zoom.

"Semoga anak-anak bisa mengikuti jejak Pak Dewa dan memiliki wawasan untuk menentukan berbagai pilihan sesuai kompetensi anak-anak," demikian harapan Yohanes Joko Winarto (Kepala SD Santo Yosef Tarakanita Surabaya) dalam sambutan pengantarnya.

Dewa memulai sharingnya dengan bercerita tentang latar belakang keluarganya. Dosen yang kini menjabat Ketua Prodi Pariwisata dan Perhotelan Universitas Ciputra Surabaya ini adalah asli Bali. Orang tua Dewa memulai kehidupan di Surabaya sejak 1965.

Dewa adalah putra bungsu dari empat bersaudara. Beliau begitu bangga ketika menceritakan bahwa ia dan semua saudaranya adalah lulusan SD dan SMP Santo Yosef Tarakanita Surabaya.

Dewa berpesan kepada anak-anak, "Punyai mimpi, tuliskan mimpimu, lalu sharing-kan dan doakan bersama orang tua dan guru-gurumu."

Pada kesempatan ini Dewa menceritakan secara sekilas seorang tokoh di balik kebesaran nama "Ciputra". Ciputra adalah seorang bapak yang sukses membangun lahan yasan atau realestat. Dewa membagikan pesan Ciputra, "Mengubah sesuatu yang tidak berharga menjadi berharga."

Pesan itu membuat semua orang di Universitas Ciputra mengikuti pola pikir: Bagaimana dalam hidup ini saya memberi sumbangan, saya membantu orang lain, menciptakan sesuatu yang tidak berharga menjadi berharga.

Banyak kiat-kiat sukses lainnya yang dibagikan oleh Dewa, antara lain: definisi sukses, cara untuk sukses, sukses yang dibangun sejak duduk di bangku sekolah, hingga pengalaman-pengalaman sukses Dewa.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline