Lihat ke Halaman Asli

Christian

Content Writer

Norma dan Keadilan

Diperbarui: 17 Oktober 2020   14:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Nova Rosalind, S.H., M.H.|Tangkapan layar dokpri

Surabaya -- SMP Santo Carolus Tarakanita Surabaya mengadakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) mata pelajaran PKn dengan mengundang seorang advokat/pengacara dan konsultan hukum, Nova Rosalind, S.H., M.H. Nova merupakan alumni SMP dan SMA Santo Carolus Tarakanita Surabaya.

PJJ ini berlangsung pada Jumat 16 Oktober 2020 pukul 13.00 -- 14.20 WIB dengan dipandu oleh guru PKn SMP Santo Carolus, Hanny Noweng. Adapun PJJ ini diadakan untuk siswa/i kelas VII melalui telekonferensi Zoom.

Banyak hal tentang Norma dan Keadilan yang diajarkan oleh Nova, antara lain: ciri-ciri norma hukum, sifat norma hukum, fungsi norma hukum, macam-macam hukum berdasarkan isinya, dan sumber hukum.

Hukum untuk Manusia, Bukan Manusia untuk Hukum

- Satjipto Rahardjo

Menarik bahwa Nova mengajarkan materi yang dekat dengan kehidupan di sekitar sehingga siswa/i jadi mudah memahaminya, seperti Hukum Privat (Hukum Perdata). Hukum Perdata ini mengatur kepentingan orang perorangan. Contohnya: perjanjian sewa menyewa, perjanjian jual beli, perjanjian menggunakan jasa, dan sebagainya.

Nova tidak lupa untuk mengingatkan anak-anak zaman sekarang yang akrab dengan media sosial. Nova mengajak anak-anak untuk berhati-hati dalam bertindak di media sosial karena bisa terjerumus ke tindakan-tindakan negatif seperti body shaming dan ujaran kebencian. Hal-hal tersebut diatur dalam Undang-undang.

Tangkapan layar dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline