Lihat ke Halaman Asli

Koordinator Peta Hijau Indonesia 2011-2013

Diperbarui: 26 Juni 2015   14:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption id="attachment_358" align="alignleft" width="230" caption="Tim Program PHP"][/caption] Sejak tahun 2006 koordinasi jaringan nasional Peta Hijau dipegang oleh komunitas Peta Hijau (PH) Yogyakarta. Namun, mulai tahun depan hingga tiga tahun berikutnya, koordinasi jaringan nasional akan berpindah ke bumi parahyangan. Ya, komunitas Peta Hijau Bandung telah terpilih sebagai Koordinator Peta Hijau atau Green Map Indonesia untuk periode 2011 - 2013. Pemilihan itu menjadi muara dari gelaran Pertemuan Nasional Peta Hijau 2010 yang diadakan di kota Bandung dan Lembang, Jawa Barat pada tanggal 31 Juli - 2 Agustus 2010 lalu. Dalam pertemuan ini pula, ditetapkan statuta Peta Hijau yang disusun bersama oleh wakil komunitas peta hijau dari 9 daerah atau kota di Indonesia. [caption id="attachment_356" align="alignleft" width="180" caption="Logo Program PHP kota Bandung"]

[/caption] Terpilihnya Bandung merupakan hasil dari proses pemungutan suara yang dilakukan pada hari Senin, 2 Agustus 2010 di Villa Karang Tumaritis, Lembang, Jawa Barat. Hasil 5 suara yang diraih Bandung jauh mengungguli suara yang didapatkan oleh Jakarta dan Yogyakarta, yang masing-masing mendapatkan 2 suara. Komunitas Peta Hijau Bandung yang mulai aktif bergiat sejak tahun 2004 ini, dan sekarang bertambah dengan sejumlah pegiat baru dari Forum Hijau Bandung (FHB) dan Komunitas Sahabat Kota (KSK), akan bertugas pada Januari 2011 mendatang. Selama sisa waktu lima bulan di tahun 2010 ini, kepengurusan koordinator nasional masih akan dipegang oleh komunitas Peta Hijau Yogyakarta. Dalam waktu itu pula, tim Yogyakarta akan melakukan proses transfer informasi dan pengetahuan dalam hal manajemen jaringan nasional dan hubungan internasional kepada tim Bandung.

"Mari bergiat dalam Peta Hijau! Bergabunglah dalam Peta Hijau Bandung, dan program Peta Hijau tematik Persampahan (PHP) kota Bandung yang sedang diusung Forum Hijau Bandung. Selengkapnya di http://greenmap.or.id/."




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline