Lihat ke Halaman Asli

Semua Adalah Pemimpin, Tapi Pemimpin Seperti Apa!?

Diperbarui: 26 Juni 2015   16:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Sekedar sharing,, Buat kawan2 para PEMIMPIN ..

'A LEADER is someone who knows the way, shows the way, and walks the way.'

(Abraham Lincoln) Banyak orang yang hanya bisa menyuruh, tapi dia sendiri gak melakukan tugasnya. Seorang PEMIMPIN dalam bahasa jawa dikenal dengan istilah 'panutan', sehingga ketika dia melakukan sesuatu, yang lain akan mengikutinya. Manjadi panutan memang gak mudah, karena banyak sekali hal-hal yang kita anggap baik dilakukan, namun dipandang tidak baik oleh orang lain. Kalau seperti ini kejadiannya, sepertinya lebih baik menghindari argumentasi dan mencari lebih banyak persamaan dari perbedaan2. Seorang pemimpin yang baik tidak harus menjadi public speaker yang baik. Hal terpenting dari seorang PEMIMPIN bukan omongannya melainkan tindakannya. Namun memang akan lebih baik bila seorang PEMIMPIN juga memiliki skill bicara untuk memotivasi orang lain, tapi banyak PEMIMPIN yang omongannya sedikit dan tindakan berbicarannya lebih keras daripada perkataannya. Dan itu lebih baik menurut saya ..

'We have to do the best we can. This is our sacred human responsibility.'

(A.Einstein)

'Whatever you are, be a good one.'

(Abraham Lincoln)

'On my honor, i will do my best'

(Janji Pandu Praja Muda Karana) Apapun pekerjaan yang ditugaskan pada kita, lakukanlah yang terbaik. Misal kita bekerja menjadi tukang sapu jalan, jadilah tukang sapu yang terbaik! Ketika ada promosi jadi supervisor tukang sapu, kita yang terpilih, dan ketika sudah jadi supervisor terbaik, kita bisa naik jabatan menjadi manager. Demikian juga apapun status atau jabatan kita. Unless you are the best you'll not be chosen. Hari ini kita bisa jadi orang yang terbaik di bidang kita, namun besok bisa saja datang orang yang lebih baik dari kita. When you're no longer the best, you should try harder. Success is a moving target, kesuksesan tidak selalu diukur dengan materi, ada banyak hal untuk mendefinisikan kesuksesan. Lawanmu ingin selalu menjatuhkanmu, namun Keluargamu selalu ingin melihat kamu tegar!

'Jalan menuju sukses tidak selalu mulus, pasti akan menemui beragam masalah dan tantangan'.

(Anonym) Masalah dan tantangan itulah yang harus membuat kita bekerja lebih keras dan lebih baik lagi, dan jangan mengeluh. Dari setiap masalah selalu ada 2 sisi. Apakah masalah ini terjadi karena kesalahan saya atau orang lain? Kalau salah saya, saya harus berani mengoreksi diri. Sayangnya banyak orang lebih sering mencari kesalahan orang lain dulu, bukan mencari kesalahan yang terjadi karena dirinya, bahkan kalau bisa ia berusaha sedemikian rupa untuk membenarkan diri. Jangan jd orang seperti itu ..

'Don't give me a reason, just give me results!'

(Anonym) [caption id="attachment_122983" align="alignleft" width="168" caption="Apa kabarmu, Merah Putih di negeri sendiri !?"][/caption] There are so many reasons and you can always make it up. With results, you don't need a reason. Daripada buang2 energi sibuk mencari alasan, lebih baik sibuk bekerja menghasilkan sesuatu yang berguna. KEPEMIMPINAN adalahi suatu hal yang bisa dilatih. Semua orang memiliki potensi menjadi pemimpin. Bakat itu hanya menentukan kesuksesan 1%, sisanya 99% hasil keringat. Kalau kita hanya mengandalkan bakat dan malas berusaha, hasilnya juga tidak akan maksimal. Cara menggali bakat dan minat teorinya panjang, tapi intinya ketahui dulu kelemahan, kekuatan, dan keinginanmu. Jangan tunggu kesempatan mendatangi kita, ciptakanlah kesempatan .. Selamat MEMIMPIN di KEHIDUPAN dan ORGANISASI masing-masing .. Jangan sia-siakan kesempatanmu .. Kita Generasi penerus bangsa .. Untuk Indonesia yang lebih GAGAH ..




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline