Lihat ke Halaman Asli

Christelle Dione

Mahasiswi Penerima Beasiswa Prestasi Sekolah Tinggi Pariwisata Jakarta Program Studi Usaha Perjalanan Wisata 2020

Gudang Peluru, Benteng Kedung Cowek, Surabaya

Diperbarui: 9 Februari 2021   14:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : www.timesindonesia.co.id

Perpaduan antara bangunan bersejarah dan pemandangan alam yang sangat cantik. Inilah Benteng Kedung Cowek!

Benteng Kedung Cowek ini terletak di bibir pantai dekat dengan Jembatan Suramadu. Berlokasi di Jalan Kedung Cowek, Kelurahan Kedung Cowek, Kecamatan Bulak Surabaya.

Masyarakat sekitar menyebut tempat ini sebagai Gedung Peluru karena benteng tersebut merupakan tempat penyimpanan peluru yang dilengkapi dengan meriam pada masa penjajahan. Namun Benteng Kedung Cowek belum terlalu dikenal oleh masyarakat luas. Letaknya yang jauh dari kota membuat keberadaan benteng ini jarang di ketahui.

Benteng Kedung Cowek juga merupakan saksi sejarah Peristiwa 10 November 1945 (peringatan Hari Pahlawan). Pada masa Perang Pasifik, Belanda membangun benteng tersebut untuk bertahan dalam menghadapi serangan militer dari wilayah utara laut Surabaya / tentara Jepang. Benteng Kedung Cowek juga digunakan Pasukan Sriwijaya untuk membendung tentara Sekutu yang hendak masuk Surabaya pada masa itu. 

Sumber : www.tempatwisata.pro

Benteng ini dirancang pada tahun 1899 dan mulai dibangun pada tahun 1910, namun pembangunan Benteng Kedung Cowek belum selesai karena terhambat oleh krisis moneter pada tahun 1925.

Apabila Anda berkunjung ke Benteng Kedung Cowek, Anda dapat menikmati pemandangan Selat Madura dan pantai Nambangan yang begitu indah. Dari lokasi ini, Anda dapat melihat Jembatan Suramadu sambil merasakan dinginnya hembusan angin. 

Spot Foto Depan Pantai

Selain dapat dijadikan wisata edukasi, Benteng Kedung Cowek ini juga dapat dijadikan tempat untuk berfoto. Banyak warga Surabaya yang datang ke tempat ini untuk foto pre-wedding, sweet seventeen dan lainnya. Banyak sekali spot yang Instagenic.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline