Lihat ke Halaman Asli

Memikat Hati Lewat Foto

Diperbarui: 1 Januari 2016   00:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Siapa yang tidak tahu kata "Selfie"? Sebagian besar orang mengetahuinya dan bahkan sering melakukannya. Ya, selfie adalah istilah yang semakin sering disebut belakangan ini. Swafoto atau dalam bahasa Inggris selfie adalah jenis foto potret diri yang diambil sendiri dengan menggunakan kamera digital atau kamera ponsel. Istilah selfie semakin populer seiring dengan perkembangan kamera ponsel. Kita dapat dengan mudah mengabadikan foto diri kita dengan kamera ponsel tanpa harus menyewa jasa photographer profesional.

Tidak hanya swafoto atau selfie, terkadang kita sering meminta teman kita untuk mengabadikan foto saat momen tertentu misalkan saat berpesta bersama teman, dll. Mengingat diri kita bukanlah model papan atas dan teman yang kita minta memoto pun bukan photographer handal maka sering kita temui foto-foto yang terlihat kurang menarik entah karena angle ataupun pose yang salah. Kita tetap bisa terlihat menarik di foto jika kita mengambil foto dengan angle dan pose yang tepat, tidak peduli kita gemuk,kurus,dll. Ada trik-trik tertentu agar yang gemuk terlihat lebih kurus, yang pendek terlihat lebih tinggi tanpa harus menggunakan Photoshop untuk memanipulasi foto tersebut. Tentunya setiap orang ingin terlihat cantik atau tampan serta menarik di foto. Bukan berarti ingin membohongi orang lain namun tidak mungkin kita ingin terlihat buruk di foto.

Saya belajar banyak dari seorang teman yang berprofesi sebagai photographer freelance dan kebetulan saya adalah orang yang senang berfoto, maka saya akan memberikan beberapa trik agar kita terlihat lebih menarik dan baik saat difoto berdasarkan pengalaman saya dan juga saran dari teman photographer.

1. Gunakan lidahmu dan dongakkan kepalamu
Beberapa orang memiliki double chin. Apa itu double chin? Double Chin adalah pengenduran kulit atau timbunan lemak di area sekitar leher dekat dagu, yang menyebabkan dagu terlihat berlipat atau disebut double chin. Double chin dapat terjadi karena faktor usia dan juga lemak berlebih. Double chin terkadang membuat foto kita terlihat kurang menarik, seperti tidak memiliki leher dan rahang. Triknya adalah menggunakan lidahmu. Tekan lidah ke langit-langit mulut sambil tersenyum. Trik ini akan membuat leher terlihat lebih panjang, mengurangi double chin. Selain itu, kita bisa mendongakkan sedikit kepala kita yang akan mempertegas garis rahang dan double chin pun hilang.

2. Cari sudut/angle wajah terbaikmu
Setiap orang memiliki sudut atau angle wajah yang berbeda-beda. Jika mengetahui angle wajah terbaik kita, dapat dengan mudah mendapatkan hasil foto yang menarik misalnya gadis A terlihat lebih menarik jika foto diambil dari sudut kiri wajahnya daripada sudut kanan ataupun depan.

3. Posisikan lenganmu
Jika kamu memiliki lengan yang besar dan berlemak, kamu bisa menggunakan trik ini agar lengan terlihat lebih ramping. Tekuk salah satu lenganmu dan letakkan tanganmu di pinggang. Pose ini dapat membuat lenganmu terlihat lebih kecil. Jangan biarkan lenganmu dibiarkan lurus dengan badan layaknya tentara, karena hal ini membuat lenganmu terlihat lebih besar.

4. Silangkan kakimu
Menyilangkan salah satu kaki dapat membuat pinggulmu terlihat lebih ramping dan kaki terlihat lebih jenjang. Trik ini membuat ilusi tubuhmu terlihat lebih tinggi.

5. Senyum alami
Tersenyum membuatmu terlihat lebih menarik. Baik kaum pria maupun wanita menyukai orang yang tersenyum daripada mereka yang cemberut. Senyum yang terlalu lebar terkesan berlebihan dan dibuat-buat juga membuat pipimu terlihat chubby dan wajah lebih besar. Tersenyumlah dengan matamu jangan hanya bibirmu, maka senyummu akan terlihat lebih alami dan tidak dibuat-buat. Berlatih tersenyum di depan cermin dapat membantumu menemukan senyuman terbaikmu.

6. Pakaian hitam
Jika kamu tidak percaya diri dengan tubuhmu yang berisi, kamu bisa mengatasinya dengan mengenakan pakaian hitam. Dipercaya bahwa pakaian berwarna hitam dapat membuatmu terlihat lebih ramping.

7. Berbeda dan jadi diri sendiri
Seringkali kita berfoto bersama teman-teman kita, dan sering pula orang-orang melakukan pose yang sama hanya berdiri tegak dan tersenyum, atau duduk tegak sambil tersenyum. Agar terlihat lebih menarik, berposelah sesuai keinginan dan kepribadianmu namun tetap sopan dan beretika. Berposelah berbeda antara dirimu beserta teman-temanmu dan fotomu akan terlihat menarik.

8. Berdiri dan duduk tegak
Berdiri maupun duduk tegak membuatmu terlihat lebih percaya diri, dan tubuh menjadi lebih ramping.
Menggunakan trik dalam foto bukan bermaksud menipu siapa saja yang melihat foto tersebut tapi memang pada kenyataannya semua orang ingin terlihat baik dan menarik di foto. Jarang sekali atau bahkan tidak ada orang yang ingin terlihat buruk di foto.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline