Lihat ke Halaman Asli

Bukan Saatnya Kamu Buta Informasi

Diperbarui: 21 Desember 2015   18:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Di zaman yang serba modern dan praktis ini, di mana orang-orang sibuk menatap layar gadget mereka, ada satu hal yang saya ingin pertanyakan dan selalu terngiang di kepala saya yaitu apakah orang-orang sudah tahu mengenai berita atau informasi terbaru hari ini? Atau kah mereka semua hanya sibuk dengan pekerjaan mereka masing-masing, mencari penghiburan belaka, berusaha untuk menjadi terkenal lewat media sosial yang mereka miliki? Hal inilah yang ingin saya bahas di sini.

                Di zaman seperti sekarang ini, produk-produk smart phone atau ponsel pintar kian marak. Penggunanya pun beragam, mulai dari kaum muda hingga dewasa. Sebagian orang menggunakan smart phone untuk memudahkan pekerjaan mereka namun ada pula yang hanya sekedar mengikuti tren. Dengan adanya produk-produk smart phone yang semakin canggih ini, masih ada saja pengguna smart phone yang tidak menggunakan ponsel mereka dengan "smart" atau pintar.

                Sungguh memprihatinkan ketika dosen atau pun guru bercerita mengenai berita yang sedang hangat diperbincangkan namun ada yang bertanya "Emangnya ada apaan sih?". Smart phone tidak hanya sekedar "ajang pamer" saja, melainkan benar-benar digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat misalnya saja untuk mencari berita terkini, informasi dalam dan luar negeri, berbisnis, dll. agar pengetahuan dan wawasan kita pun luas.

                Saya telah mewawancarai 5 orang dewasa dan 5 anak muda. Lima orang dewasa yang saya wawancarai masih membaca koran, kalau pun tidak ada koran mereka mencari informasi melalui smart phone mereka. Yang memprihatinkan adalah ketika saya mewawancarai 5 anak muda dan kelimanya mengatakan hal yang serupa yaitu mereka tidak pernah lagi membaca koran atau bahkan membaca berita dan mencari informasi menggunakan smart phone yang mereka miliki. Mereka menggunakan smart phone untuk berkomunikasi dan mencari hiburan seperti mendengarkan lagu, memainkan games, dan menjaga agar tetap update di media sosial yang mereka miliki.

Kebanyakan kaum muda mencari informasi yang berhubungan dengan hal yang mereka suka. Jika mereka senang dengan dunia otomotif, informasi seputar otomotif sajalah yang mereka cari. Padahal sebagai generasi penerus bangsa yang hidup di dunia yang terus maju ini seharusnya tidak hanya mencari informasi mengenai hal yang disukai saja namun segala hal yang bermanfaat agar memiliki wawasan yang luas.

                Gunakanlah smart phone yang kita miliki untuk mendapatkan informasi yang bermanfaat sebanyak-banyaknya dengan mudah dan praktis. Dunia semakin maju begitu pun sebaiknya kita. Kita bisa mendapatkan informasi atau pun berita hanya melalui smart phone seperti google, aplikasi seperti Flipboard di mana kita bisa membaca berita, media online seperti detik.com dan kompas.com , melalui media sosial yang kita miliki,dll. Kita bisa mengetahui perkembangan dunia dan apa saja yang terjadi di sekitar kita dalam satu genggaman tangan kita yaitu melalui smart phone.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline