Lihat ke Halaman Asli

Cinta Kasih dalam Kebenaran

Diperbarui: 8 September 2022   23:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Cinta Kasih dalam Kebenaran

FILM - FREE RIDER

Dari film tersebut kita mendapati 2 sisi yang berbeda, Sisi free rider dan sisi korban. Menjadi seorang free rider tentu saja memiliki dampak positif yaitu mendapatkan nilai yang mudah namun terdapat juga dampak negative yaitu kita jadi dijauhi dan tidak akan diajak sekelompok lagi.

AFIRMASI : BAGAIMANA SIH CINTA KASIH DALAM KEBENARAN ITU?

Dari pocast tersebut kita memahami bahwa adanya free riderpun bisa membawa dampak positif yaitu kita jadi lebih memahami materi yang pelajari, namun tidak dapat dipungkiri tanpa adanya 1 anggota tim kinerja sebuah kelompok tidak akan maksimal.

Kita juga diberi penjelasan tentang bagaimana cara menghadapi free rider tersebut, kita sebagai teman sekalompok tidak boleh langsung mengecap orang sebagai free rider tanpa keterangan yang jelas, alangkah baiknya kita menyakan dulu alasannya tidak hadir atau kurang berparti sipasi dalam sebuah kerja kelompok, bisa saja ia harus menjaga keluarganya atau sedang berhalangan hadir karena urusan yang sangat mendadak dan penting. Jika memang ia hanya malas sebaiknya kita bicarakan dengan dia dan menasehatinya, bukan secara spontan menjauhinya.

DINAMIKA BERSAMA : SHARE TO CARE

Dari sini dapat dirangkum dari perntanyaan yang ada bahwa sesuai tema kita "Cinta Kasih Dalam Kebenaran", kita harus mampu mengasihi oranglain dengan cara yang benar dan cara kita menanggapi free rider ini merupakan salah satunya.

Kunjungi website UNPAR




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline