Lihat ke Halaman Asli

Chrishans

Pelajar

G20 Indonesia

Diperbarui: 15 November 2022   11:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

 G20 merupakan forum kerja sama multilateral yang terdiri dari 19 negara utama dan Uni Eropa yang memiliki kelas pendapatan menengah hingga tinggi, negara berkembang hingga negara maju, yang dibentuk pada tahun 1999 atas inisiasi negara-negara anggota G7, G20 merangkul negara maju dan berkembang untuk bersama-sama mengatasi krisis. 

G20 membahas mengenai dua arus isu yaitu finance track, yang dihadiri oleh menteri keuangan hingga Gubernur bank sentral dari masing-masing negara anggota dan sherpa track, yang membahas bidang yang lebih luas di luar isu keuangan seperti anti-korupsi, ekonomi digital, lapangan kerja hingga pemberdayaan perempuan yang dimana akan dihadiri oleh delegasi-delegasi dari masing-masing negara anggota. 

Ada 3 jenis pertemuan di dalam sherpa track yaitu working group, engagement group, dan pertemuan tingkat mentri. G20 memiliki tujuan yaitu untuk mewujudkan pertumbuhan global yang kuat, berkelanjutan, seimbang, dan inklusif. 

Anggota g20 terdiri dari berbagai kawasan dunia seperti Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, Argentina, Brazil, Inggris, Jerman, Italia, Perancis, Rusia, Afrika Selatan, Arab Saudi, Turki, Tiongkok, Jepang, Korea Selatan, India, Australia, dan Uni Eropa. 

G20 ini tidak memiliki pemimpin yang tetap tetapi fungsi presidensi dipegang oleh salah satu negara anggota selama setahun. G20 merepresentasikan lebih dari 60% populasi bumi, 75% perdagangan global, dan 80% dari PDB dunia.

Indonesia berada di posisi ke-16 tertinggi berdasarkan PDB dunia yang dimana Indonesia bergabung dalam G20 ,pada tanggal 26 september 1999, yang juga merupakan kumpulan negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di dunia. 

Indonesia memiliki pertumbuhan ekonomi yang selalu di atas rata-rata perekonomian global dan menjadi satu dari tiga negara yang memimpin perekonomian global karena pertumbuhan dari masing-masing ketiga negara tersebut bisa mencapai 2-3 persen. 

Selama memegang presidensi G20, Indonesia akan membahas mengenai kesehatan secara menyeluruh, transformasi berbasis digital, serta transisi menuju energi yang berkelanjutan melalui kedua jalur pembahasan. 

Indonesia merupakan satu-satunya anggota ASEAN dan G20 yang berperan penting dalam pemulihan perekonomian dunia dan juga Indonesia menduduki peringkat 10 dalam daftar paritas daya beli di antara anggota G20 serta memiliki PDB diatas 1 Triliun USD. 

Peran yang sudah dinyatakan oleh G20 selama ini ada beberapa yaitu, Penanganan krisis keuangan global 2008 yang menjadi salah satu kesuksesan tersebar G20. 

G20 telah turut mengubah wajah tata kelola keuangan global, dengan cara menginisiasi paket stimulus fiskal dan moneter yang terkoordinasi dalam skala besar. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline