Lihat ke Halaman Asli

M Chozin Amirullah

TERVERIFIKASI

Blogger partikelir

Mengisi Diskusi Peran Milenial Dalam Politik

Diperbarui: 14 November 2023   09:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto : instagram.com/chozin.id

 Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang untuk pertama kali dalam sejarah Indonesia akan didominasi oleh kelompok Generasi Milenial dan Generasi Z. Siapa itu kelompok Generasi Milenial dan Generasi-Z? generasi Milenial atau generasi Y merupakan mereka-mereka  yang  lahir antara tahun 1981-1996, sedangkan Generasi Z merupakan mereka-mereka yang lahir pada tahun 1995-2010, sederhananya merupakan kelompok generasi  yang lahir di akhir abad 20 atau awal abad 21.

Minggu 12 November 2023 saya menjadi salah satu pembicara dalam dialog publik "Milenial Dalam Politik" yang dihelat oleh relawan SOHIB Indonesia. Selain saya, ada H. Ismail yang juga menjadi pembicara. Beliau adalah anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PKS. Tema diskusi sore kemarin itu menarik, "Tolak Golput: Peran Milenial melawan Antipati Politik".

Foto : instagram.com/chozin.id

Golput adalah singkatan dari Golongan Putih.  Merupakan tindakan abstensi, tidak memberikan suaranya dalam Pemilu. Adalah mereka-mereka yang dalam proses pemungutan suara tidak memberikan suara ataupun tidak memilih satupun calon pemimpin. Pada tahun 1971 gerakan Golput di motori oleh aktivis Arief Budiman, dengan cara tetap datang ke bilik suara akan tetapi tidak mencoblos salah satu kontestan yang tertera di kertas pemilihan melainkan mencoblos bagian putih dari kertas tersebut. Itulah kenapa - mungkin - kemudian disebut golongan putih (golput).

Yuk Baca artikel-artikelku yang lain di sini... :

Dukungan para Pelaut untuk AMIN 

Menyambangi Ponpes Al Hikmah-Al Hidayah di Sidoarjo  

Ini Doa Gus Ali, Kyai Kharismatik Sidoarjo untuk AMIN

Bersua dengan Rakan Seperjuangan di Negeri Jiran

Sholawat Asghil Itu Ditiupkan di Jogja, Dihentakkan di Malang


Waktu itu, Golput adalah bentuk protes karena yang terpilih itu-itu saja. Presidennya juga orang yang sama, meskipun partainya banyak variasinya. Oleh karena itu, waktu itu Golput adalah bentuk perlawanan dari monolitikisme dan keotoriteran dalam politik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline