Lihat ke Halaman Asli

Kontribusi Mahasiswa Unimma dalam Program Kampus Mengajar Angkatan 3 di SD Negeri Adikarto 1

Diperbarui: 20 Juli 2022   16:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Program Kampus Mengajar adalah salah satu program dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang dilaksanakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Penerjunan program Kampus Mengajar dilaksanakan pada tanggal 28 Februari-29 Juni 2022 dengan tahapan-tahapan yang telah dilaksanakan sebelumnya.

Program Kampus Mengajar ini merupakan program Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yang berkolaborasi dengan mahasiswa yang ada di seluruh Indonesia dengan latar belakang program studi yang berbeda-beda untuk memajukan pendidikan di daerah 3 T dengan memaksimalkan teknologi pendidikan yang sudah ada.

Mahasiswa UNIMMA yang mendapatkan kesempatan untuk berkontribusi dalam program Kampus Merdeka ada sekitar 130 mahasiswa dari berbagai program studi dengan penempatan di berbagai SD di daerah Magelang dan Kota Magelang serta kota-kota lain.

Salah satu SD yang digunakan sebagai penempatan program Kampus Mengajar Angkatan 3 yaitu SD Negeri Adikarto 1 yang terdapat 3 mahasiswa UNIMMA, 1 mahasiswa UAD dan 1 mahasiswa UNY diantarnya Chomisah Nugraheni mahasiswa S1 PGPAUD UNIMMA, Annisa'ul Khoir mahasiwa S1 Manajemen UNIMMA, 

Maulana Muhammad Helmy mahasiswa S1 PAI UNIMMA, Dina Septi mahasiswa S1 Sastra Inggris UAD, dan Aulia Shahnaz mahasiswa S1 Pendidikan Bahasa Inggris UNY.

Pelaksanaan program Kampus Mengajar ini terdapat beberapa program yang harus dilaksanakan di sekolah penempatan yaitu membantu dalam proses belajar mengajar (literasi dan numerasi), adaptasi teknologi dan membantu administrasi. Pelaksanaan program kegiatan baru dilaksanakan setelah mahasiswa melakukan observasi dan penerjunan yang dilakukan oleh Dosen Pendamping Lapangan.

Adapun program kegiatan yang pertama dilakukan di SD Negeri Adikarto 1 yaitu membantu guru dalam proses pembelajaran kelas dengan sasaran kelas tinggi yaitu kelas 4-6. Dalam pelaksanaan pendampingan kelas, mahasiswa Kampus Mengajar menerapkan metode belajar yang menyenangkan bagi anak sehingga siswa antusias dalam mengikuti pembelajaran.

Kegiatan lain yang dilakukan dalam program kegiatan mengajar yaitu mengajarkan siswa dalam literasi dan numerasi. Dalam hal ini mahasiswa membuat media yang diberi nama Araca, yaitu media dari kertas Sticky Note warna warni kemudian diberi tulisan huruf abjad A-Z dan angka 0-9. 

Penerapan media araca ini digunakan untuk kelas rendah yang diajarkan kepada siswa dengan metode bermain, sehingga siswa lebih antusias dan senang ketika pembelajaran dan mudah menghafal untuk pembelajaran literasi dan numerasi.

Dalam kegiatan mengajar juga mahasiswa menerapkan kegiatan membaca sebelum masuk pembelajaran dengan mahasiswa menyiapkan bacaan yang akan digunakan siswa SD Negeri Adikarto 1 khususnya kelas 5. Kegiatan ini dilakukan mahasiswa untuk meningkatkan literasi siswa.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline