Lihat ke Halaman Asli

Cholid Masum

Mahasiswa Unisnu

Berawal dari Kuliah Bermodalkan Tabungan, Hingga Menjadi Mahasiswa Pertukaran Pelajar

Diperbarui: 25 Mei 2024   22:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar. Chafid Ulil Yusuf

JEPARA - Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui, sebuah pepatah yang pantas disematkan kepada mahasiswa asal Unisnu yang bernama Chafid Ulil Yusuf. Bagaimana tidak mahasiswa yang akrab dipanggil Chafid itu mampu membiayai kuliahnya secara mandiri dan juga memiliki banyak prestasi membanggakan.

Setelah dari SMK Chafid tidak langsung kuliah. Dan sempat bekeinginan untuk mendaftar PTN di luar Jepara tapi selalu gagal " sempat kepikiran mendaftar PTN di luar Jepara tapi selalu gagal akhirnya mendaftar di sini, kebetulan kedua kakak saya juga berasal dari sini," ujarnya.

Meskipun memiliki orang tua masih sanggup untuk membiayai kuliah, Chafid tetap membiayai kuliah secara mandiri melalui tabungan yang dia dapatkan ketika masih bekerja.

" Saya membiayai kuliah secara mandiri dari tabungan selama saya bekerja di perusahaan, dan saya juga mencari beasiswa untuk sedikit meringankan beban biaya," ungkap Chafid.

Chafid memang mahasiswa yang memiliki banyak prestasi salah satunya mendapatkan juara taekwondo tingkat nasional dan kejuaraan taekwondo tingkat internasional, hingga menjadi bagian mahasiswa pertukaran pelajar di Padang.

Dia terpilih sebagai Wakil Presiden BEM periode 2022/23. " Saya awalnya tidak ada niatan untuk menjadi Wapresma, saya diajak oleh partai dan Alhamdulillahnya saya terpilih," ungkapnya.

Proses memang tidak pernah mengkhianati hasil. Berbagai prestasi mulai dari tingkat nasional hingga internasional pernah didapatkan. Mendapatkan amanat sebagai Wakil Presiden BEM Unisnu. Hingga pernah menjadi bagian dari program pertukaran di Padang. Semua itu berhasil didapatkan berkat kegigihan dan kesabaran seorang Chafid.

Sebuah tamparan bagi kita yang masih mengeluh tentang beratnya dunia perkuliahan. Sedangkan diluar sana masih banyak yang ingin berkuliah seperti kita atau bahkan memiliki beban yang lebih berat seperti membiayai kuliah secara mandiri dibandingkan kita yang masih bergantung kepada orang tua.

Chafid juga memotivasi kita para mahasiswa untuk menambah value diri dengan mengikuti kegiatan kegiatan kampus.
" Kita berkuliah tidak hanya sebatas untuk belajar, coba ikuti beberapa kegiatan kampus bukan cuma kuliah pulang kuliah pulang itu bisa berguna untuk menunjang kemampuan dan menambah portofolio kita yang suatu mungkin akan berguna di dunia kerja," tambahnya.

Sebuah motivasi untuk kita semua sebagai mahasiswa agar lebih dapat meningkatkan kemampuan yang mungkin suatu saat akan berguna tanpa kita ketahui sekaligus menjadikan untuk lebih mengerti mengenai apa arti dari sebuah kegigihan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline