Lihat ke Halaman Asli

Reinhard Hutabarat

TERVERIFIKASI

Penikmat kata dan rasa...

GP Bahrain, Romain Grosjean Lolos dari Api Neraka!

Diperbarui: 3 Desember 2020   15:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Romain Grosjean keluar dari kobaran api, sumber : https://cdn-1.motorsport.com/images/amp/YMdog1V2/s6/formula-1-bahrain-gp-2020-roma-2.jpg

Musim balapan F1 2020 yang dianggap membosankan tiba-tiba berubah menjadi horor pada perhelatan F1 GP Bahrain yang berlangsung pada Ahad kemarin.

Bendera start baru saja dikibarkan dan dua puluh mobil F1 langsung melesat bak anak panah. Memasuki tikungan ke-3, mobil Haas VF-20 Romain Grosjean dihajar Alpha Tauri milik Daniil Kvyat.

Boleh dikatakan ini adalah murni kesalahan Romain sendiri. Insiden ini sendiri berawal dari senggolan mobil Sebastian Ocon dengan Lando Norris yang kemudian menimbulkan percik api.

Jalur sebelah kiri kemudian menjadi crowded. Dari sisi kiri, Romain kemudian mencoba mendahului rekan setimnya Kevin Magnussen dengan Gerakan zig-zag ke jalur kanan yang longgar.

Malangnya Romain tidak melihat mobil Daniil Kvyat yang juga ingin melibas jalur kanan yang kosong itu. Ban kiri depan mobil Kvyatt kemudian menghajar ban kanan belakang mobil Romain. Haas dengan kecepatan 220 km/jam itu melintir, dan Romain tak mampu mengendalikannya. Mobil langsung menghujam guard-rail, dan tertancap di sana.

Efek benturan tadi sangatlah keras, membuat mobil terbelah dua. Bagian belakang (mesin, girboks dan ban belakang) terpental kembali ke sirkuit, sedangkan bagian tengah (tangki bensin, survival cel plus halo) dan sayap depan menerobos open guard-rail, ke luar dari lintasan, untuk kemudian terbakar.

Untungnya dalam hitungan detik, petugas sudah sampai di "TKP" untuk memadamkan api dan memberi pertolongan kepada Romain. Untunglah kejadian ini dalam balapan F1. Tak terbayang kalau kejadian ini terjadi pada ajang MotoGP, WSBK atau World Rally misalnya.  Safety first, kecepatan dan profesionalisme kerja memang selalu menjadi andalan utama olahraga jet darat ini.

Kejadian seperti yang terjadi pada Romain Grosjean ini termasuk langka dalam balapan F1. Untuk itu penulis tertarik untuk mengamati beberapa point penting yang terjadi dalam kecelakaan ini.

Pertama, Open guard-rail.

Penulis kaget dan baru menyadari kalau dinding pengaman sisi dalam GP Bahrain ini hanya bermodalkan guard rail saja (dinding sisi luar sirkuit memakai guard rail plus pagar besi tinggi).

Mungkin pertimbangannya agar para marshall yang bertugas bisa secepatnya melompat ke sirkuit ketika terjadi sesuatu (membantu pebalap atau membersihkan debris misalnya)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline