Lihat ke Halaman Asli

Choirun Nisa

Mahasiswa

Pengalaman PKL Mahasiswa PGSD UHAMKA Pada Masa Pandemi Covid-19

Diperbarui: 26 Maret 2021   09:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Drs. Khairil Iba, M. Pd 

Muhamad Suni Fauzi, Shelly Isma Warizqi, Septian Dwita Fannandri, 

Dewi Rahmi Ramadhanti, Arinda Rachmawati, Heppy Lusiana Dewi,

Choirun Nisa, Nurul Farhah Khotimah, Puspitasari Tri A

PGSD, FKIP, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka setiap tahunnya rutin melaksanakan kegiatan PKL, kegiatan ini merupakan salah satu mata kuliah yang termasuk dalam Kurikulum Program Studi. Pada tahun ini, Indonesia harus dihadapi dengan wabah virus Covid-19, maka dari itu pihak kampus mengambil keputusan untuk mengalihkan kegiatan PKL yang seharusnya mengunjungi desa-desa dipulau Jawa maupun luar pulau Jawa menjadi kegiatan untuk wilayah masyarakat sekitar.

Pihak kampus membebaskan mahasiswanya untuk memilih lokasi dan kegiatan yang akan dilakukan oleh masing-masing kelompok yang sudah dikelompokan oleh pihak kampus. Salah satu kelompok PKL, yaitu Kelompok 24 yang terdiri dari 10 Mahasiswa. Kelompok kami melakasanakan kegiatan PKL tepatnya di wilayah Kembangan Utara, Jakarta Barat. Dipilihnya wilayah tersebut karena wilayah tersebut tepatnya di RT.04 merupakan wilayah percontohan dalam bidang penghijauan. Wilayah RT.04 memiliki keunggulan dalam bidang Program Ketahanan Pangan, melaui program ini kami para Mahasiswa terjun langsung dalam proses penanaman bibit pohon tomat dan tanaman pakcoy dengan cara hidroponik. Selain melakukan proses penanaman dalam Program Ketahanan Pangan, kami para Mahasiswa PKL turut mensosialisasikan kepada masyarakat sekitar di wilayah RT dan masjid dalam rangka pemutusan mata rantai virus Covid-19, Mahasiswa melakukan pembagian masker dan handsanitizer kepada masyarakat sekitar agar lebih menaati protokol kesehatan yang telah dicanangkan oleh pemerintah.

whatsapp-image-2021-03-25-at-18-56-54-3-605c806fd541df03ec384e92.jpeg

Melalui program PKL yang telah diadakan oleh pihak kampus, kami para Mahasiswa sangat berterima kasih karena dengan diadakannya program PKL kami mendapat banyak sekali manfaat dan ilmu. Walaupun Indonesia sedang dilanda pandemi virus covid-19 yang mengakibatkan program-program yang telah disusun oleh kampus menjadi terhambat, tetapi pihak kampus memiliki solusi agar tetap terlaksananya program tersebut.



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline