Lihat ke Halaman Asli

Choirul Aini Mustaghfiroh

Mahasiswa Pendidikan Matematika UIN Walisongo Searang

Partisipasi IPNU IPPNU dalam Kegiatan Lailatul Ijtima' NU Genuk

Diperbarui: 17 Mei 2022   22:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Partisipasi IPNU-IPPNU dalam Kegiatan Lailatul Ijtima' NU kecamatan Genuk

Salah satu kegiatan rutin warga Nahdliyin yaitu Lailatul Ijtima', Lailatul ijtima' merupakan kegiatan Warga Nahdlatul Ulama yang dilaksanakan di semua jenjang kepengurusan NU. Mulai dari tingkat ranting di desa/kelurahan, Majelis Wakil Cabang (MWC) di kecamatan, PCNU di kabupaten/kota, hingga tingkat PBNU di pusat.

Pada kali ini kita membahas kegiatan lailatul ijtima' yang dilaksanakan di kecamatan Genuk yang di selenggarakan oleh MWC, kegiatan rutin ini biasanya dilaksanakan setiap selapan sekali atau per 35 hari sekali.  Khusus pada bulan ramadhan kegiatan ini di liburkan

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tempat secara bergilir antar keurahan/ranting yang ada di kecamatan genuk , Meskipun kegiatan ini di selenggarkan oleh MWC , tetapi semua anggota kepengurusan yang di bernaung di Nahdatul Ulama' wajib ikut serta dalam penyuksesan kegiatan ini , khususnya kepengurusan yang berada pada ranting shohibul hajat. Untuk konsumsi para hadirin pada kegiatan kali ini biasanya di mintakan tolong kepada masyarakat yang berada di kelurahan / ranting shohibul hajat.

Dalam hal ini saya disini ikut serta dalam organsasi IPNU IPPNU di dalam kegiatan ini kami membantu dalam hal rewang apapun yang di perintahkan oleh kepengurusan di atas kita, lebih tepatnya kita di mintai tolong untuk menjadi penerima tamu / pamong tamu dan juga membagikan snack serta konsumsi yang sudah di siapkan oleh panitia acara selain itu IPNU IPPNU juga di tugaskan sebagai mc dan pemandu untuk menyayikan lagu kebangsaan. IPNU IPPNU sendiri di dalam pengorganisasian di anggap sebagai anak dalam kepengurusan NU karena paling muda dalam organisasi yang ada dalam nauangan Nahdlatul ulama'.

Pada setiap kegiatan Lailatul Ijtima' ini nantinya bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam hal yang berkaitan dengan keorganisasian, mulai dari mensosialisasikan program kerja jam'iyah, menyampaikan hasil evaluasi atas kinerja kepengurusan, penyampaian informasi baru kepada warga jam'iyah, sampai pada pemaparan hasil Bahtsul Masail, atau problematika tergerusnya akidah di lingkungan masyarakat, dan lain sebagainya.

Rangkaian acara pada lailatul ijtima' di kecamatan Genuk ini adalah sebagai berikut :

1. Pra acara maulid nabi Muhammad Saw

2. Pembukaan MC

3. Menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia raya, dan yalal Wathon

4. Pembacaan kalimah thoyyibah

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline