Lihat ke Halaman Asli

Choiriya TriM

Mahasiswa

Aksi Nyata Topik 1 Perspektif Sosikultural dalam Pendidikan

Diperbarui: 6 Oktober 2024   09:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Halo Sobat PPG

Salam Pendidikan

Perkenalkan nama saya Choiriya Tri Mosrifa, saya mahasiswa PPG Calon Guru gelombang 2 2024.

Berikut merupakan pembahasan mengenai Aksi Nyata Topik 1 Mata Kuliah Perspekstif Sosiokultural dalam Pendidikan.


  • Mulai dari diri (Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?)

Hal yang saya pikirkan tentang topik ini sebelum memulai pembelajaran yaitu pada topik ini akan membahas mengenai budaya yang dapat mempengaruhi pendidikan setiap individu.

  • Eksplorasi konsep (Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?) 

Hal yang saya pelajari dari eksplorasi konsep yaitu mempelajari historis pendidikan pada masa sebelum kemerdekaan. Pada masa itu, pendidikan bagi masyarakat Indonesia sangat terbatas, dikarenakan hanya untuk kepentingan membantu bisnis kolonial. Pendidikan pada saat itu hanya bisa dinikmati oleh masyarakat dari kalangan bangsawan atau mereka yang memiliki pengaruh dalam pemerintahan. Ki Hajar Dewantara merupakan salah satu tokoh yang peduli terhadap pendidikan di Indonesia, yang ide-ide dan visinya dituangkan dalam Taman Siswa. Taman siswa ada sebagai jiwa rakyat untuk merdeka dan bebas. Konsep Taman Siswa ini menjadi tanda awal perkembangan pendidikan di Indonesia. Dari hal tersebut saya dapat mengetahui bahwa perkembangan pendidikan di Indonesia dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti budaya, sosial, ekonomi, dan politik.

  • Ruang kolaborasi (Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?)

Pada ruang kolaborasi,saya bersama rekan-rekan mempelajari video pengalaman pembelajaran dari beberapa pengajar yang mengajar di beberapa daerah di Indonesia. Melalui program Indonesia Mengajar, mereka dapat merasakan secara langsung tantangan yang dihadapi masyarakat di berbagai daerah pelosok dalam mengakses pendidikan. Dalam setiap video memiliki faktor penunjang pendidikan yang berbeda-beda dan strategi yang sesuai. Dari 5 video tersebut kami dapat mengetahui bahwa cara pengajaran penting untuk dikaitkan dengan faktor sosial, budaya, ekonomi dan politik setiap daerah.

  • Demonstrasi kontekstual (Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri))

Pada bagian demonstrasi kontekstual ini hal penting yang saya pelajari yaitu saya dan rekan-rekan berdiskusi untuk menemukan dan memecahkan masalah yang diberikan dengan saling mengemukakan pendapat sehingga mencapai satu pemikiran yang kami tuangkan untuk menyelesaikan tugas bersama-sama.

  • Elaborasi pemahaman (Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini? Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ? Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut? )

Hal yang sudah saya pahami pada topik 1 yaitu tentang pendidikan yang dalam pengajarannya penting untuk dikaitkan dengan faktor sosial, budaya, ekonomi dan politik setiap daerah. Hal yang saya baru pahami bahwa setiap faktor penunjang saling berkaitan dengan faktor lainnya dan harus berjalan beriringan untuk mencapai keberhasilan dalam pendidikan. Dari hal tersebut saya ingin terus memahami tentang strategi yang tepat untuk digunakan dalam proses pembelajaran di setiap daerah yang memiliki beragam perbedaan.

  • Koneksi antar materi (Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik didalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?)

Topik 1 yang membahas tentang pengantar perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pendidikan Indonesia memiliki keterkaitan dengan materi pada mata kuliah filosofi pendidikan, pemahaman peserta didik, prinsip pengajaran dan asesmen dan juga PPL yang semuanya mengajarkan tentang pengaruh sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pendidikan.

  • Aksi nyata (Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru? Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?)

Manfaat pembelajaran ini benar-benar memberikan bekal wawasan bagi saya dalam menerapkan pembelajaran dan mempersiapkan saya dalam menghadapi faktor sosial, budaya, ekonomi, dan politik yang berdampak pada dunia pendidikan. Dengan ilmu yang diperoleh dari mempelajari materi ini, saya memberi diri saya dengan skala 7 karena saya sudah siap akan tetapi masih perlu pembelajaran dan pemahaman lebih lanjut. Hal yang perlu saya persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal yaitu dengan banyak belajar tentang konsep sosiokultural.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline