Lihat ke Halaman Asli

DION RULLY ANDROU

entrepreneur

Kelompok-56 KKN-PPM UMBY Tingkatkan Penjualan Pasar Klitikan Melalui Optimasi Google Business Profile

Diperbarui: 5 Februari 2024   11:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Dokumentasi Kelompok 56 KKN-PPM UMBY

Yogyakarta (Kompasiana) - Dalam era digital yang terus berkembang, kehadiran online menjadi kunci utama bagi bisnis yang ingin bersaing di pasar global. Salah satu alat penting yang dapat merangsang pertumbuhan bisnis adalah Google Business Profile. Dengan mengoptimalkan profil bisnis di platfotm ini, diharapkan pasar klitikan dapat membuka pintu peluang baru dan meningkatkan daya saing penjualan.

Untuk bertahan di pasar, bisnis perlu pelanggan. Untuk menarik lebih banyak pelanggan maka program kerja yang diadakan oleh Kelompok 56 adalah dengan optimasi Google Business Profile. Pedagang harus mempromosikan merk. Media promosi online adalah salah satu tool yang dapat mendukung proses promosi bisnis tentunya di Pasar Klitikan. Karena zaman sudah berubah, promosi melalui brosur, pamflet, ataupun iklan di koran sudah kurang worth it lagi.

Imam Suharjo selaku DPL Kelompok 56 mengatakan " Dengan adanya program kerja yang diadakan oleh Kelompok 56 mengenai Google Business Profile dalam mengoptimalkan penjualan di Pasar Klitikan, pelanggan dapat menemukan bisnis lebih mudah dan lebih cepat saat melakukan pencarian lokal" . Informasi yang tepat dan relevan di profil bisnis membantu meningkatkan visibilitas di hasil pencarian Google, memastikan bahwa pelanggan potensial tidak hanya menemukan bisnis, tetapi juga mendapatkan informasi yang dibutuhkan dengan cepat.

Sumber: Dokumentasi Kelompok 56 KKN-PPM UMBY

"Google Business Profile yang lengkap, dengan ulasan yang baik dan foto yang berkualitas, membantu membangun kepercayaan pelanggan tentunya di Pasar Klitikan dengan melibatkan pedagang", kata Nadira Shafia Indira selaku ketua Kelompok 56 KKN-PPM UMBY. Konsumen modern cenderung mempercayai bisnis yang memiliki kehadiran online yang baik. Dengan memberikan gambaran yang jelas dan positif tentang bisnis, dapat menghilangkan keraguan pelanggan potensial dan mendorong mereka untuk memilih produk atau layanan. Google Business Profile yang dioptimalkan juga dapat meningkatkan keterlibatan pelanggan. Fitur-fitur seperti postingan, Q&A, dan pembaruan rutin memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk berinteraksi langsung dengan bisnis. Keterlibatan yang positif ini tidak hanya meningkatkan kesan pelanggan, tetapi juga menciptakan ikatan yang lebih kuat dengan merk.

Sumber: Dokumentasi Kelompok 56 KKN-PPM UMBY

Mengoptimalkan Google Business Profile bukan hanya tentang tampil di mesin pencari, ini tentang membangun koneksi dengan pelanggan dan meningkatkan kepercayaan. Dengan memberikan informasi yang akurat, menarik perhatian dengan foto yang berkualitas, dan berinteraksi dengan pelanggan, tidak hanya meningkatkan penjualan tetapi juga menciptakan dasar yang kuat untuk hubungan bisnis yang berkelanjutan. Dalam dunia bisnis yang kompetitif, investasi waktu dan upaya dalam mengoptimalkan profil bisnis di Google Business dapat membawa hasil yang signifikan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline