Lihat ke Halaman Asli

Tips travel dengan sewa mobil di jogja

Diperbarui: 24 Juni 2015   14:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tips travel dengan sewa mobil di jogja

Bisnis sewa mobil kini semakin diminati banyak kalangan baik dari para investor maupun konsumen. Dari sisi investor, umumnya mereka berminat karena modal yang diperlukan hanya untuk uang muka mobil saja. Hasil investasi/ setoran tiap bulannya mereka gunakan untuk melunasi kredit mobil sehingga dalam 3-5 tahun setelah selesai pelunasan mereka dapat memiliki mobil atau menjual mobilnya. Meskipun ada penyusutan namun dari pengalaman harga jual masih tetap tinggi sehingga keuntungan jenis ini merupakan keuntungan jangka panjang. Tapi ada juga investor dengan modal yang kuat memilih membeli cash mobil baru untuk di investasikan kemudian mengharapkan pasif income tiap bulannya. Selain memperoleh pasif income, 3-5 tahun berikutnya mereka dapat menjual mobilnya untuk memeproleh keuntungan yang lebih besar.

Pertumbuhan bisnis rental

Dalam 3 tahun terakhir tercatat tingkat pertumbuhan lokasi wisata yang tersedia di yogyakarta sebesar 12.7 persen/tahunnya. Sedangkan untuk pertumbuhan bisnis sewa mobil mencapai 25 persen dan saat ini ada 157 pengusaha yang tergabung dalam APPKY (Asosiasi Pengusaha Persewaan Kendaraan Yogyakarta). Sedangkan tahun ini diprediksi meningkat 300 anggota dengan kepemilikan kendaraan 5-200 unit mobil. Hal ini tentunya menjadi peluang tapi juga ancaman. Karena bukti peluang terjadi saat peak season dimana permintaan sangat tinggi sehingga sulit sekali mencari mobil sewa. Tapi di saat low season atau normal season banyak sekali mobil yang “mengganggur” sehingga tingkat okupansinya sangat rendah. Banyak spekulan yang gagal karena hanya menilik kondisi di saat high season , sehingga pengusaha tidak siap untuk berkompetisi disaat low season. Disinilah ancaman yang dikhawatirkan jika tidak ada regulasi standar mengenai pengaturan tarif sewa mobil. Dikhawatirkan akan terjadi kanibalisme harga yang malah menjatuhkan harga-harga layanan selanjutnya.

Rental mobil mempermudah konsumen dan tidak harus mahal

Dari sisi konsumen rental mobil merukapan pilihan tepat bagi anda yang menginginkan kebebasan dalam pengaturan perjalanan anda jika dibanding kan dengan naik taksi atau angkutan umum. Pengelolaan  waktu dan tempat akan lebih mudah jika mereka menyewa mobil. Ketika liburan dengan banyaknya tempat yang ingin di kunjungi dalam waktu yang singkat sewa mobil merupakan pilihan yang tepat. Untuk anda yang melakukan perjalanan dinas sewa mobil dengan supir akan mempermudah anda untuk menuju alamat kantor/klien yang belum anda ketahui namun berhubungan dengan pekerjaan anda. Anda juga dapat menyewa mobil untuk acara wisuda keluarga yang kemudian biasanya di lanjutkan dengan foto,  makan dan wisata bersama. Bagi anda yang suka berpergian di malam hari, sewa mobil akan memberikan anda kemudahan. Karena angkutan umum di yogyakarta hanya beroperasi sd pukul 19.00 dan trans jogja hanya sd pukul 22.00. Untuk biaya tidak selalu rental terukur sebagai pilihan yang mahal karena jika kapasitas orang dimaksimalkan dan lokasi kunjungan juga terprogram dengan baik maka pilihan rental mobil dijamin lebih murah dibanding dengan angkutan umum/taksi. Namun semua kembali pada kebutuhan dan pengaturan yang tepat dari konsumen.

How to rent?

DI jogakarta banyak sekali persewaan kendaraan mulai dari motor, mobil, bus, dll. Salah satu favorit saya adalah kurniatransport untuk mobil jenis medium, bus atau mobil mewah jenis alphard, H1 atau mercy. Namun masih banyak sekali rental yang pantas di coba seperti TRAC milik astra ataupun ASSa milik adira. Semua pilihan tergantung anda, namun ada beberapa hal yang harus di cermati sebelum menyewa kendaraan yaitu :

1.Pilihlah rental yang terpercaya, mudah dihubungi, fast respon  dan ramah

2.Pilihlah rental yang sesuai budget anda, ada rental besar namun harga 2x lebih mahal. Ada rental-rental kecil dengan harga yang lebih murah.

3.Pilihlah rental yang menyediakan kebutuhan anda. Ada rental yang harus dengan sopir namun ada juga rental yang bisa menyewakan mobil saja/lepaskunci

4.Tanyakanlah beberapa hal ini :

a.Ketersediaan jenis mobil yang anda cari sesuai dg tanggal dan jam pemakaian

b.Tahun mobil, ketersediaan fasilitas standar seperti AC, tape, alarm.

c.Tarif dan aturan lama sewa (12jam, 24jam, per day, mingguan, bulanan)

d.Syarat yang diperlukan jika lepas kunci

e.Syarat / tarif yang di tanggung konsumen jika dengan driver (parkir, makan driver, bbm, tiket restribusi)

f.Tarif untuk penggunaan driver luar kota, batas dalam kota mana saja

g.Tarif paket wisata, rute dan harga yang termasuk di dalamnya

h.Tarif over time

i.Sistem pemesanan/booking dan cancel fee

5.Lakukan pemesanan sesuai aturan/kesepakatan dan pastikan anda mendapatkan bukti tertulis sebagai konfirmasi baik melalui sms, email, bbm, kwitansi, nota. Sehingga itu sebagai kode booking dan simpanlah bukti pembayaran jika pemesanan harus dilakukan dengan dp.

6.Jika mengharuskan dp, ambilah nilai dp minimal karena biasanya dp juga sebagai cancel fee. Karena jika terjadi pembatalan, pihak rental akan kehilangan konsumen yang terlanjur mereka tolak, sehingga cancel  fee sebagai cara menutupi kerugian.

7.Periksa aturan main seperti penanggungan kerusakan, kecelakaan, kehilangan akibat konsumen.

Kemudian yang harus di cermati saat serah terima kendaraan lepas kunci adalah pastikan ada pengecekan / ceklist bersama :

1.Kondisi mobil exterior dan interior pd saat serah terima (lecet, penyok, baret, sobek)

2.Jumlah bbm, prosentase kondisi ban

3.Semua fitur mobil berfungsi normal (mesin, AC, rem, gas, kopling, power window, alarm, lampu)

4.Perlengkapan wajib didalam mobil (karpet, kunci-kunci, dongkrak, p3k, ban cadangan)

5.Mintalah rekap dari hasil ceklist tsb dan periksa kembali.

Hal-hal tersebut perlu dilakukan untuk menghindari kesalahpahaman dan lempar tanggung jawab antara rental dan penyewa. Semoga melalui tulisan ini anda menjadi salah satu konsumen cerdas dalam hal rental mobil di yogyakarta. /cho




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline