Pada tanggal 25 Februari 2024, Kamajaya Business Club (KBC) mengadakan kegiatan Forum Bisnis bertemakan “Unlocking The Gen Z Goldmine : Menavigasi Demografi Bisnis Masa Depan”. Kegiatan Forum Bisnis ini diadakan di Resapi Kopi Jogja, dengan menghadirkan dua narasumber hebat, yaitu Dr. Fadriansyah Fachril, SE., M.M selaku alumni Manajemen dan Magister Manajemen Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Selain itu, juga ada Wenefrida Mahestu Noviandra K, S.E., M.Sc., Ph.D. selaku Dekan Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
Pada kegiatan Forum Bisnis ini, narasumber dan peserta membahas mengenai peran Gen Z dalam prospek bisnis dan wirausaha di masa depan. Gen Z merupakan generasi yang tumbuh di zaman perkembangan internet dan teknologi yang semakin canggih, dan memiliki hubungan yang erat dengan perkembangan teknologi yang sebelumnya belum pernah terjadi. Melalui perkembangan internet dan teknologi yang semakin canggih, membuat Gen Z menjadi pelaku yang mampu menciptakan apa yang tidak ada menjadi ada, khususnya dalam prospek bisnis dan wirausaha. Oleh karena itu, Gen Z menjadi generasi yang memegang nasib masa depan bisnis karena memiliki keunggulan yang mampu mendorong bisnis di masa depan.
Beberapa keunggulan dimiliki oleh Gen Z yang mampu mendorong perkembangan dalam prospek bisnis dan wirausaha di Indonesia. Gen Z bertumbuh dan berdampingan dengan perkembangan internet dan teknologi, sehingga mampu menemukan peluang dan memiliki pemahaman yang baik mengenai tren digital, didukung dengan penggunaan media sosial yang bijak untuk kepentingan bisnis dan wirausaha. Gen Z mampu mengaplikasikan kemampuan dan keahlian teknologi dalam bisnis dengan memanfaatkan media sosial untuk membangun merek pribadi dan bisa mempromosikan produk serta layanan yang diberikan. Dengan perkembangan layanan teknologi, Gen Z juga bisa menggunakan platform e-commerce untuk menjual dan memasarkan produk secara online. Selain itu, Gen Z juga dikenal sebagai generasi yang kreatif, inovatif, dan berani mengambil resiko, sehingga muncul banyak inovasi baru yang semakin berkembang di masyarakat.
Selain pemahaman dan kemampuan dalam penggunaan teknologi dalam bisnis, salah satunya dengan memanfaatkan media sosial, Gen Z juga membuat cara baru dalam pengambilan keputusan pembelian. Dimana pada zaman sekarang, banyak konsumen yang memutuskan untuk membeli suatu produk dengan melihat review di aplikasi e-commerce, seperti melihat rating melalui jumlah bintang, iklan yang beredar di media sosial, dan melihat review dari influencer. Selain itu, Gen Z juga lebih tertarik dengan produk yang customize karena memberikan kesan yang berbeda dari produk yang lain. Gen Z juga diharapkan memiliki jiwa yang kolaboratif, inkvatif, dan kreatif, yaitu mampu menciptakan hal baru, memodifikasi namun tidak meniru.
Selain kegiatan sharing mengenai peran Gen Z dalam prospek bisnis dan wirausaha di masa depan, juga terdapat sesi tanya jawab dan kegiatan wawancara kepada narasumber maupun pebisnis yang turut serta dengan menghadirkan tenant-tenant dalam kegiatan Forum Bisnis ini. Sehingga peserta dapat dengan aktif untuk bertukar pengetahuan dan pemahaman dengan para pebisnis maupun narasumber, untuk membuka dan menambah wawasan mengenai prospek bisnis di masa depan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H