Lihat ke Halaman Asli

chintya mareta

Mahasiswi Keperawatan

Mengenal Dimensia

Diperbarui: 21 Januari 2023   12:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Dimensia atau sering dikenal dengan pikun. Dimensia atau pikun merupakan proses penuaan yang abnormal dimana terjadi gangguan  tehadap daya ingat, cara berfikir, dan pengambilan keputusan pada lansia yang umunya terjadi pada usia 65 tahun (CDC, 2019).

Kondisi yang sering muncul pada seseorang yang mengalami dimensia diantaraya adalah gangguan kognitif dan psikologis, Perubahan kognitif yang terjadi adalah mengalami kehilangan memori, sulit untuk melakukan komunikasi, penurunan kemampuan penglihatan, sulit untuk memecahkan masalah, sulit mengkoordinasikan fungsi motorik, sering terlihat bingung, cenderung lupa akan kejadian yang baru dan justru mengingat ingatan dimasa lalu. Perubahan psikologis yang terjadi diantaranya adalah berubahnya kepribadian lansia, mengalami depresi, ansietas atau kecemasan, paranoia atau rasa curiga dan takut berlebihan., agitasi atau gelisah, dan mengalami halusinasi (Mayo Clinic, 2022).

 

Lalu apa yang menjadi faktor risiko seseorang mengalami dimensia ?

Menurut  Chen et al (2021) faktor risiko diantaranya adalah :

1. Penuaan

Usia seseorang yag menuju 65 tahun keatas lebih memiliki risiko tinggi mengalami dimensia. Setidaknya 2 dari 100 orang diusia 65 tahun -- 69 tahun mengalami dimensia. Penuaan merupakan penyebab terjadinya dimensia karena pada lansia secara bertahap akan mengalami penurunan fungsi tubuh yang menyebabkan penyakit sehingga terjadi kerusakan pada otak, seperti Alzheimer dan penyakit pembuluh darah lainnya. Sehingga dapat mempengaruhi pola fikir dan daya ingat seseorang.

2. Genetik

Dimensia merpakan salah satu kondisi yang dapat disebabkan oleh faktor keturunan.  Keluarga yang mengalami kondisi apolipoprotein E (APOE) lebih beresiko 4 kali untuk mengalami Alzheimer dimana Alzheimer merupakan adalah salah satu penyebab seseorang mengalami dimensia .

3. Jenis kelamin

Dimensia dikatakan lebih sering terjadi pada wanita terutama yang pada usia lebih dari 80 tahun. Akan tetapi hal ini belum diketahui alasan secara pasti.  Akan tetapi kemungkinan yang terjadi adalah gaya hidup dan hormone pada saat seorang Wanita mengalami menopause yang menebabkan menurunya hormone estergogen dan hormone progesteron.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline