Lihat ke Halaman Asli

Si Pantang Menyerah Thomas Alva Edison

Diperbarui: 28 Februari 2020   08:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Setelah saya membaca biografi Thomas Alva Edison. Thomas Alva Edison merupakan seorang ilmuwan yang berpengaruh pada kehidupan manusia, berkat penemuannya yaitu lampu pijar. Saya kagum sekali terhadap beliau karena dengan hanya mengikuti sekolah selama 3 bulan, beliau menjadi seorang ilmuwan yang hebat. 

Beliau di masa kecilnya selalu dianggap bodoh dan murid yang tidak berbakat hingga saat itu ibunya sendiri yang menjadi gurunya. Sikap beliau patut dicontoh karena beliau memiliki rasa ingin tahu yang besar dan selalu ingin mencoba.

Banyak sekali nilai - nilai yang bisa diambil dari perjalanan hidupnya. Pada usia 12 tahun, beliau bekerja sebagai penjual koran, buah - buahan, dan gula - gula di kereta api. Kemudian beliau menjadi operator telegraf. Di newyork beliau diminta untuk menjadi kepala mesin telegraf. Pada tahun 1870, beliau menemukan mesin telegraf yang lebih baik. 

Dalam tahun 1879 beliau berhasil menemukan lampu listrik. Tahun 1882 beliau memasang lampu - lampu listrik di jalan - jalan kota New York. Beliau menciptakan lampu listrik di zaman kegelapan sampai sekarang. Uang yang dihasilkan dari penemuannya itu cukup untuk mendirikan perusahaannya sendiri. 

Dan pada tahun 1890, beliau mendirikan perusahaan General Electric. Beliau banyak membantu dalam bidang pertahanan pemerintahan Amerika Serikat. Hingga pada tahun 1928, beliau menerima penghargaan berupa sebuah medali khusus dari Kongres Amerika Serikat.

Beliau sangat patut dicontoh dengan sikap yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan selalu ingin mencoba, tidak pantang menyerah dan menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain. Saya berharap bisa seperti Thomas Alva Edison yang banyak menginspirasi orang lain.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline