Lihat ke Halaman Asli

Theresia Chintia Avilia Buka

Mahasiswa D3 Perpajakan Universitas Airlangga

Pentingnya Memahami Kesetaraan Gender

Diperbarui: 29 Mei 2024   21:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

PENTINGNYA MEMAHAMI KESETARAAN GENDER

Kesetaraan Gender

Kesetaraan gender merupakan semua individu, baik laki-laki maupun perempuan yang memiliki hak yang sama, perlakuan yang adil, dan sebuah kesempatan yang sama pula tanpa memandang status gender yang membedakan bahwa seseorang tersebut adalah laki-laki dan perempuan. Bagi saya, konsep ini sangat penting untuk diketahui semua orang betapa pentingnya kita memahami dan mengatasi ketidakadilan gender. 

Saat ini, kesetaraan gender sering disalahpahami oleh masyarakat. Kebanyakan kesalahpahaman ini lebih kepada memandang gender perempuan bahwa seorang perempuan tidak pantas mendapatkan pendidikan tinggi karena pada akhirnya seorang perempuan akan berakhir dengan memiliki seorang suami yang membuatnya tinggal dan mengurus rumah tangga. Hal inilah yang harus kita pahami dan kita luruskan mengenai kesetaraan gender.

Data dan Fakta

Berdasarkan data,fakta dan pengalaman yang pernah saya pelajari secara langsung, bahwa ketidakadilan gender mengakibatkan kesenjangan gender seperti membuat perbedaan yang sangat signifikan. Diantaranya yaitu perempuan yang seringkali kurang tampil dalam mewakili sebuah media, baik dari segi politik maupun non-politik; perempuan yang lebih sering memikul beban kerja dalam rumah tangga dibandingkan laki-laki; pernikahan di usia muda yang memaksa perempuan muda menikah pada usia yang sangat muda sehingga menyebabkan berhentinya pendidikan yang dialami oleh perempuan dan mengurangi kesempatan yang mereka miliki untuk berkembang; serta biasanya ketidakadilan dalam sebuah pekerjaan dimana perempuan sering kali dibayar lebih rendah dibandingkan dengan upah yang didapat oleh laki-laki. Beberapa kesenjangan ini perlu kita sadari serta memahami bahwa penting untuk memperjuangkan kesetaraan gender dan menciptakan lingkungan yang inklusif bagi semua individu. 

Alasan Pentingnya Membangun Kesetaraan Gender 

Kesetaraan gender sangatlah penting dalam menciptakan lingkungan masyarakat yang adil tanpa memandang status apapun. Adapun alasan membangun kesetaraan gender yang adil yaitu pertama kita perlu melihat dan mengetahui bahwa setiap individu memiliki Hak Asasi Manusia dimana hak asasi ini merupakan hak yang melekat dalam diri seseorang tanpa memandang ras,agama, jenis kelamin, status sosial maupun suku/bangsa. Alasan kedua yaitu penghapusan tindakan diskriminasi dan stereotip sehingga masyarakat dapat memberikan kesempatan yang sama dan adil bagi setiap individu untuk terus mengembangkan bakat dan potensi yang dimilikinya. Alasan ketiga yaitu kesejahteraan ekonomi dimana dengan adanya hal ini membuat setiap individu dapat merasakan akses yang lebih luas terhadap peluang mata pencaharian ekonomi dan mengalami penghasilan yang setara, sehingga masyarakat dapat menciptakan stabilitas ekonomi yang lebih baik bagi semua individu.

Dengan memprioritaskan kesetaraan gender, masyarakat dapat menciptakan lingkungan yang adil, inklusif, tentram dan berkelanjutan bagi semua individu. Kesetaraan gender sebenarnya bukan hanya berkaitan tentang keadilan, tetapi juga tentang menciptakan masyarakat yang baik bagi menyambut generasi mendatang Indonesia Emas 2045. 

Kebijakan Pemerintah Indonesia

Pemerintah di Indonesia telah mengambil berbagai kebijakan baik regulasi, dan inisiatif untuk memberikan maupun mempromosikan kesetaraan gender dan perlindungan terhadap hak-hak perempuan. Langkah yang telah dilakukan antara lain yaitu UU Perlindungan Perempuan dan Anak. Pemerintah telah menerbitkan UU No.23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga dan UU No.7 Tahun 1984 tentang Pengesahan Konvensi Penghapusan Segala Wanita (CEDAW) sebagai upaya untuk melindungi hak-hak perempuan. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline