Lihat ke Halaman Asli

Ching Sioe

Mahasiswa

4 Pelajaran dari Squid Game Ini Bisa Membantu Melancarkan Kehidupan Kuliahmu

Diperbarui: 19 Oktober 2021   20:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

gizmochina.com

Rilis perdana pada tanggal 17 September kemarin, "Squid Game" dengan cepat menjadi salah satu series yang paling ramai dibicarakan di seluruh dunia. Series sepanjang 9 episode ini berkisah tentang ratusan orang yang mempertaruhkan nyawa mereka demi memenangkan serangkaian game berhadiah jutaan Dollar. 

Walaupun terdengar menyeramkan, rupanya bertahan hidup di Squid Game dan bertahan di dunia kuliah memiliki kemiripan, lho! Yuk, simak 4 pelajaran dari "Squid Game" yang bisa kamu terapkan di kehidupan kuliahmu! (Spoiler alert! Bagi yang belum menonton series-nya dan tidak mau terkena spoiler, silakan mampir ke artikel ini lain kali, ya!)

1. Tidak Mudah Percaya

cerdikindonesia.pikiran-rakyat.com

Bagi sebagian besar penonton, momen ketika Sang-woo menipu Ali merupakan salah satu momen paling greget di "Squid Game". Bagaimana tidak? Ali yang sudah terlanjur percaya dan kagum pada Sang-woo itu justru harus meregang nyawa gara-gara ditipu saat game kelereng. Pengkhianatan memang kerap terjadi sepanjang series ini. 

Selain Ali, Mi-nyeo juga merupakan karakter yang dikhianati oleh sekutunya sendiri. Pada dasarnya pun, semua peserta Squid Game merupakan orang-orang yang mudah percaya dengan iming-iming hadiah uang, tanpa terlebih dahulu menyelidiki lebih jauh game yang mereka ikuti. 

Di dunia kuliah, menjadi orang yang terlalu mudah percaya seperti Ali bisa berdampak buruk bagimu. Sifat naif ini membuatmu mudah mengikuti arus yang bisa jadi tidak cocok denganmu. 

Bahkan, orang yang naif juga rawan dikendalikan dan dimanfaatkan orang lain (amit-amit, kan!). Sebagai mahasiswa, kamu dituntut untuk menanggapi segala hal dengan kritis, tidak hanya ketika berteman, melainkan juga saat mendapatkan informasi dan mengambil keputusan. Membangun karakter kritis, tegas, dan berpendirian teguh akan membantumu melewati segala badai perkuliahan dengan selamat. 

2. Menjalin Relasi yang Menguntungkan

Ladbible.com

Walaupun secara umum Squid Game merupakan permainan individu, ada beberapa game yang dilaksanakan berkelompok, misalnya game tarik tambang dan kelereng. Sebelum game berkelompok ini dimulai, terlihat bagaimana peliknya usaha para tokoh dalam memilih teman sekelompok. 

Semua orang berusaha bergabung dengan mereka yang kuat dan cerdas, sedangkan mereka yang dianggap tidak menguntungkan kesusahan mendapat kelompok. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline