Pengertian evaluasi pembelajaran adalah suatu kegiatan penilaian yang sangat penting dalam proses pembelajaran.
Evaluasi bertujuan guna mengetahui seberapa pesat pencapaian yang dimiliki anak dalam memahami pelajaran yang telah mereka pelajari selama mengikuti pembelajaran.
Jadi, dapat di simpulkan bahwa evaluasi adalah suatu proses menindak lanjuti yang dilakukan pendidik untuk mengetahui kemampuan anak didik selama mengikuti kegiatan pembelajaran yang diberikan oleh pendidik.
Konsep dasar evaluasi pembelajaran anak usia dini dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu:
1.Mendidik, dapat diartikan dengan mengarahkan. Mendidik merupakan suatu proses dan hasil penilaian perkembangan anak didik dan harus memberikan rangsangan positif pada perkembangan anak didik. Sekarang peran guru bukan hanya sekedar mendidik saja melainkan berperan sebagai motivator dan fasilitator.
Baca juga : Implementasi Pembelajaran yang Berpijak pada Teori Kognitif - Humanistik
2.Sistematis, merupakan suatu perkembangan anak secara sistematis sesuai dengan yang telah deprogram atau secara teratur sesuai tenggat usia kebutuhan anak didik dan sesuai dengan yang diprogramkan guru.
3.Berkesinambungan, perkembangan anak didik harus berkesinambungan dan bertahap sehingga pendidik mudah memperoleh atau mengetahui pertumbuhan dan perkembangan anak didiknya.
4.Menyeluruh, penilaian yang dilakukan mencakup semua aspek perkembangan anak dari aspek kognitif, sosial-emosional, motorik dan lainnya.
5.Objektif dan Adil, penilaian objektifitas adalah suatu penilaian yang bertujuan memberikan informasi nyata atau mendekati objek kemampuan pertumbuhan dan perkembangan anak didik. Pendidik harus menilai dan memperhatikan kemampuan perkembangan dan perumbuhan anak didik dikarenakan setiap anak memiliki pertumbuhan yang berbeda-beda.
Baca juga : Jenis Bacaan Sangat Berpengaruh terhadap Fungsi Kognitif Otak