Lihat ke Halaman Asli

Apakah Benar Mandi di Malam Hari Menyebabkan Rematik ? Yuk Kita Lihat Faktanya.

Diperbarui: 9 Mei 2023   00:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar : 5 best exercises to alleviate rheumatoid arthritis symptoms | TheHealthSite.com

Apa Sih Penyakit Rematik ? 

Penyakit rematik atau rhematoid arthritis adalah penyakit yang menyerang sistem otot dan tulang. Penyakit ini biasanya ditandai dengan timbulnya nyeri sendi dan peradangan pada sendi yang terjadi secara tiba - tiba. Penyakit ini bukan lagi penyakit yang baru terjadi, namun penyakit ini sudah ada dari ribuan tahun yang lalu. Rematik menyerang sistem autoimun ( Kondisi dimana penyakit ini menyerang sendiri sistem imun yang ada pada tubuhnya sendiri). Biasanya, area yang diserang yaitu area bagian persendian yang disebabkan oleh gangguan autoimun tersebut.

Faktor Penyebab Terjadinya Penyakit Rematik

Berikut ini beberapa faktor yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit rematik :

  • Usia

Rematik ini dapat terjadi pada usia paruh baya yang dimulai dari umur 18 tahun. Tetapi kemungkinan paling besar terjadi pada usia lanjut umur 40 tahun ke atas.

  • Jenis Kelamin

Kasus penyakit rematik ini terjadi lebih tinggi terhadap kaum wanita dibandingkan dengan kaum pria. Salah satu faktor penyebab meningkatnya rheumatoid  arthridis ini terjadi karena menstruasi. Apabila wanita mngalami siklus menstruasi yang tidak lancar atau bahkan terjadi menopause dini, menjadi faktor penyakit ini. 

Di sisi lain massa otot dari kaum wanita lebih sedikit  daripada pria. Maka meningkatlah kadar hormon esterogen dalam tubuh. Seperti yang kita ketahui bahwa esterogen dapat membantu mengurangi pengeroposan tulang (osteoporosis)

  • Pola makan / Aktivitas Tubuh 

Menurut Oktriani, 2019 menyatakan bahwa pola makan atau aktivitas tubuh yang berlebihan dapat menyebabkan terjadinya penyakit sendi. Contohnya pola makan yang berlebihan memicu penyakit ini seperti tidak baik memakanjeroan (hati, limpa, ginjal usus), makanan kalengan, diawetkan dan makanan cepat saji serta makanan yang menggunakan bahan penyedap. Serta  aktivitas seperti mengangkat beban yang berat dapat memperberat kerja sendi. Khususnya sendi pada pergelangan tangan, katena alat gerak ini paling sering digunakan dalam kehidupan sehari- hari dalam jangka waktu yang lama.

  • Merokok 

Berbagai penelitian mengatakan bahwa merokok tidak baik untuk kesehatan sehingga kebiasaan merokok dapat memperburuk keadaan seseorang yang terdampak resiko penyakit rematik.

Gejala Penyakit Rematik 

Gejala peradangan rematik  yaitu terjadi pembengkakan pada sendi, muncul warna kemerah-merahan pada kulit, saat terjadi peradangan sendi terasa myeri dan panas, sehingga sendi menjadi kaku dan sulit untuk digerakkan. Awalnya rematik ini hanya menyerang bagian sendi- sendi yang kecil seperti, pada jari kaki, dan jari kaki. Namun seiring berjalannya waktu , kemudian berdampak pada persendian yang besar seperi pergelangan tangan, kaki, bahu, dan siku.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline