Lihat ke Halaman Asli

Dampingi Tingkatkan Pemasaran Jagung Manis Melalui Lokapasar Digital

Diperbarui: 30 Agustus 2021   10:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Pribadi

Mahasiswa KKN Back To village 3 Universitas Jember tergabung dalam KKN Tematik Pemberdayaan Wirausaha Masyarakat Terdampak Covid19 kelompok 14 Chindy Wulandari dan dengan DPL dr. Yudha Nurdian, M.Kes. melakukan sosialisasi strategi pemasaran online bagi salah satu pelaku usaha UMKM di Desa Sukosari Lor Kabupaten Bondowoso.

Kegiatan KKN ini khusus ditujukan bagi UMKM terdampak pandemi di wilayah Pasar Sukosari dengan memberikan pendampingan strategi pemasaran dan langkah-langkah pembuatan akun penjualan di salah satu lokapasar (marketplace) Facebook. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan wawasan kepada Masyarakat terutama kepada pelaku UMKM dalam menyusun strategi pemasaran secara online melalui salah satu platform e-commerce yaitu Facebook.

Pandemi covid-19 menyebabkan KKN Tematik Unej kali ini dilaksanakan secara daring dan dilakukan secara individu di Kampung halaman masing - masing. Hal yang paling umum dilakukan di KKN Tematik ini adalah memberikan edukasi seputar strategi pemasaran online kepada pelaku UMKM. kegiatan sosialisasi strategi pemasaran online ini dilakukan karena melihat menurunnya perekonomian di Indonesia terutama pada sektor UMKM yang disebabkan pandemi Covid-19 yang saat ini masih melanda. Saat ini, para pelaku UMKM sangat merasakan dampak dari pandemi Covid-19, sehingga membuat UMKM mengalami penurunan dalam pendapatan.

Oleh karena itu, saya membantu mitra UMKM agar dapat mengetahui dan mempelajari mengenai strategi pemasaran yang dapat dilakukan secara online hanya bermodalkan smartphone dan jaringan. Pelaku Usaha UMKM merasakan manfaat dari kegiatan sosialisasi strategi pemasaran online ini dan memperoleh pengetahuan baru mengenai pemasaran usaha secara mudah melalui internet.

Dok. Pribadi

Program ini diharapkan dapat mendorong dan meningkatkan pemasaran produk atau usaha yang dijalankan oleh pelaku UMKM selama masa pandemi Covid-19 berlangsung saat ini hingga nanti dilakukan seterusnya.

Kegiatan KKN Tematik Unej ini berlangsung selama 30 hari terhitung sejak 12 Agustus 2021 sampai 11 September 2021.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline