Lihat ke Halaman Asli

Berbisnis dengan Media Sosial

Diperbarui: 9 Mei 2018   02:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hiburan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Siapa sekarang yang tidak punya media sosial untuk dipakai sehari-harinya? Paling bantar seperti WhatsApp, Line, hingga Instagram kini sudah menjadi aplikasi yang pasti ada di setiap smartphone orang-orang. Baik digunakan untuk keperluan pribadi atau personal maupun bisnis yang kini terbukti dapat meningkatkan produktivitas sebuah usaha. Sebuah usaha atau perusahaan yang menjual jasa atau produk tertentu sudah sadar akan efek dan nilai luar biasa yang dihasilkan dari social media marketing. Barangkali Anda yang sedang membaca artikel ini adalah salah satunya!

Di balik keseruan dan luar biasanya media sosial marketing dalam melakukan perannya, pekerjaan ini bukanlah pekerjaan yang mudah untuk dilakukan. Media sosial manager (sebutan untuk pemegang kendali media sosial) memiliki job description yang tidak mudah, oleh karena itu sebenarnya tidak semua orang dapat meng-handle pekerjaan ini. 

Sosial media manager yang baik harus dapat mempertimbangkan planning dan menentukan goal, pengembangan terhadap brand awareness dan reputasi perusahaan di online, merencanakan dan mengatur konten, menguasai Search Engine Optimization (SEO), penanaman prospek ke depan terhadap penjualan, dan lain-lain. Dengan kata lain, Sosial Media Manager Job Is Not An Easy Duties

Dalam tulisan ini saya mencoba untuk menelaah sosial media milik satu e-commerce ternama Indonesia Blibli.com (baca: bliblidotcom) dengan lebih spesifik yaitu akun Twitter dan Instagram milik Blibli.com. Blibli.com adalah salah satu e-commerce terbesar di Indonesia dengan konsep belanja online ala mall yang berada di bawah anak perusahaan Djarum Tbk, yaitu PT Global Digital Niaga yang bergerak di bidang digital. 

Memiliki slogan "Big Choices Big Deals" menjadi identitas kuat yang dimiliki Blibli.com yang menjadikannya sedikit berbeda dari e-commerce lain perihal betapa terpercayanya e-commerce ini. Sebagai e-commerce yang menjual barang-barang apapun, Blibli.com tentu menggunakan beberapa platform media untuk menandakan eksistensinya seperti Twitter, Instagram, Google+, Youtube, dan Facebook.

Setiap platform memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing, perusahaan besar seperti Blibli.com tentu memiliki strategi yang berbeda-beda terhadap konten apa yang dimuat untuk tiap-tiap platformnya. Dari kelima platform yang digunakan oleh Blibli.com, mari kita mengulas perbandingan antara akun Twitter dan Instagram milik Blibli.com dan hal apa saja yang dimuat di masing-masing platform. Sebelum itu, mari kita jabarkan keunggulan dari Twitter dan Instagram.

Twitter

Keunggulan pertama Twitter ialah memiliki pengguna aktif yang masif, tercatat hingga Desember 2014 Twitter memiliki 284 juta pengguna menurut Trusted Reviews. Seperti banyaknya platform lain, semua orang dapat membuat akun Twitter secara gratis dan cepat. Aplikasi Twitter pun mudah didownload di smartphone dan tablet apa saja. Twitter memiliki hashtag dan trending topic yang membuat penggunanya seolah-olah dilibatkan penting sebagai pengguna Twitter. Ditambah Twitter bisa disinkronisasi dengan platform lainnya seperti Facebook dan Instagram. Di Indonesia, Twitter lebih kuat soal penyebaran informasi yang berisi data, berita kepentingan publik yang disertakan link, dan diskusi yang ditandai dengan threads yang bisa dipantau secara berkesinambungan.

Instagram

Instagram di Indonesia menjadi salah satu platform yang memiliki efek luar biasa dan sangat luas cakupan penggunanya. Keunggulan Instagram ialah dalam mengunggah foto dan video dengan tambahan caption di dalamnya. Kombinasi visual dan teks, kemudahan aplikasinya untuk didapatkan di manapun hanya dari smartphone dan berbekal internet membuat kita dapat lebih aktual mengunggah foto dan video kapanpun. Hashtag pun menjadi keunggulan Instagram, dengan hashtag konten foto atau video akan lebih tersaring sekaligus menjangkau lebih banyak penggunaa Instagram lainnya tidak terpaku dari following dan followers akun kita saja.

Twitter dan Instagram Blibli.com

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline